kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Turki Perluas Penyelidikan Bangunan Runtuh Akibat Gempa, 184 Orang Ditahan


Senin, 27 Februari 2023 / 11:54 WIB
Turki Perluas Penyelidikan Bangunan Runtuh Akibat Gempa, 184 Orang Ditahan
ILUSTRASI. Turki telah menangkap 184 orang yang diduga bertanggung jawab atas runtuhnya bangunan dalam gempa bumi yang terjadi pada bulan ini. REUTERS/Sertac Kayar

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - ANTAKYA/ISTANBUL. Turki telah menangkap 184 orang yang diduga bertanggung jawab atas runtuhnya bangunan dalam gempa bumi yang terjadi pada bulan ini. Kini, menurut seorang menteri di Turki, penyelidikan diperluas. 

Saat ini, masyarakat Turki meluapkan kemarahannya atas apa yang dilihat banyak orang sebagai praktik pembangunan yang korup.

Semalam, korban tewas akibat gempa bumi, yang paling kuat terjadi pada tengah malam pada 6 Februari, naik menjadi 44.128 di Turki. Itu membuat jumlah keseluruhan kematian di Turki dan negara tetangga Suriah menjadi lebih dari 50.000.

Melansir Reuters, lebih dari 160.000 bangunan berisi 520.000 apartemen runtuh atau rusak parah di Turki akibat bencana tersebut, yang terburuk dalam sejarah modern negara itu.

Dalam konferensi pers di kota tenggara Diyarbakir, Menteri Kehakiman Bekir Bozdag mengatakan bahwa lebih dari 600 orang telah diselidiki sehubungan dengan bangunan yang runtuh. Ini termasuk di antara 10 provinsi yang dilanda bencana.

Mereka yang secara resmi ditangkap dan ditahan termasuk 79 kontraktor konstruksi, 74 orang yang memikul tanggung jawab hukum atas bangunan, 13 pemilik properti dan 18 orang yang telah melakukan perubahan pada bangunan, katanya.

Baca Juga: Terdampak Gempa, Inflasi Turki Diprediksi Tetap Ada di Atas 40%

Banyak masyarakat Turki telah menyatakan kemarahan atas apa yang mereka lihat sebagai praktik bangunan yang korup dan perkembangan kota yang cacat.

Presiden Tayyip Erdogan, yang menghadapi tantangan politik terbesar selama dua dasawarsa pemerintahannya dalam pemilu yang dijadwalkan akan diadakan pada Juni, telah menjanjikan pertanggungjawaban.

Di provinsi Gaziantep, walikota distrik Nurdagi - yang berasal dari Partai AK yang berkuasa di Erdogan - termasuk di antara mereka yang ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan atas bangunan yang runtuh.

Baca Juga: Bantuan untuk Turkiye Menjadi Operasi Kemanusiaan Terbesar Indonesia



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×