kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%

Tanpa Masinis, LRT Jabodebek Beroperasi dengan Tekonologi Grade of Automtion


Jumat, 07 Juli 2023 / 11:05 WIB
Tanpa Masinis, LRT Jabodebek Beroperasi dengan Tekonologi Grade of Automtion
ILUSTRASI. LRT Jabodebek dioperasikan secara otomatis tanpa masinis dengan memakai teknologi Grade of Automtion (GoA) level 3. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

LRT JABODEBEK - Banyak yang belum mengetahui bahwa LRT Jabodebek beroperasi tanpa masinis. 

Melansir Kompas.com, LRT Jabodebek dioperasikan secara otomatis tanpa masinis karena menggunakan teknologi Grade of Automtion (GoA) level 3 untuk sistem operasinya. 

Meski tanpa masinis, Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo memastikan LRT Jabodebek aman untuk digunakan. 

Bahkan dia mengklaim hal ini justru lebih aman dibandingkan kereta yang dioperasikan manual oleh masinis. Pasalnya, kebanyakan kecelakaan kereta terjadi karena human error. 

"Dengan operasional tanpa masinis tentunya akan lebih aman dibandingkan menggunakan orang. Lebih dari 60 peraen karena faktor manusia dalam kecelakaan kelelahan dan sebagainya," ujarnya di sela uji coba LRT Jabodebek, Kamis (6/7/2023). 

Dia memastikan LRT Jabodebek aman digunakan sebagai moda transportasi umum karena memiliki sistem keamanan berlapis. 

Baca Juga: Tarif LRT Jarak Terdekat Rp 5.000 dan Jarak Terjauh Rp 20.000-Rp 25.000

"Kenapa ini lebih aman? Pertama, sistem keamanan kita berlapis. Jadi artinya ketika kita menginstall sistem perjalanan ke dalam kerta ini di situ ada berbagai sistem yang mengatur," ungkapnya. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, ketika kecepatan LRT Jabodebek melebihi kecepatan maksimal yang sudah diatur yakni 80 kilometer per jam, maka sistem akan otomatis menghentikan laju kereta. Begitupun dengan pengaturan akselerasi antar kereta. 

Ketika kereta LRT Jabodebek yang sudah jalan lebih dulu kecepatannya 60 km per jam, maka kereta yang melaju di belakangnya akan mengikuti kecepatan kereta di depannya. 

"Jadi jarak keretanya akan tetap sama," kata dia. 

Baca Juga: Tarif LRT Jabodebek Bakal Dapat Subsidi, Ini Informasinya

Kemudian ketika terdapat benda asing terdeteksi sistem masuk ke dalam jalur kereta, maka kereta yang melaju di jalur tersebut akan berhenti sebelum menabrak benda tersebut. 

Saat terjadi bencana alam seperti gempa, sistem akan memberhentikan kereta secara otomatis dan sistem akan menjalankan kembali kereta saat kondisi sudah memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan. 

"Insya Allah jauh lebih aman," tuturnya. 

Sebagai informasi, teknologi GoA3 pada sistem LRT Jabodebek memiliki keunggulan seperti seluruh operasi kereta dilakukan secara otomatis sehingga mengurangi potensi kecelakaan akibat human eror, meningkatkan akurasi jadwal kereta, dan dapat memaksimalkan frekuensi perjalanan. 

Baca Juga: LRT Jabodebek Bakal Mengurangi Kemacetan Jakarta, Ini Penjelasannya

Meski dioperasikan tanpa masinis, masih ada train attendant atau petugas operasional di dalam kereta untuk melayani penumpang dan berjaga-jaga mengambil alih fungsi operasi yang ada di kabin jika ada kondisi arurat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Meski Beroperasi Tanpa Masinis, LRT Jabodebek Dijamin Aman Digunakan"
Penulis : Isna Rifka Sri Rahayu
Editor : Yoga Sukmana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

×