kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Seram, Kutu Busuk di Paris Ditemukan di Bangku Kereta dan Bioskop


Kamis, 05 Oktober 2023 / 12:36 WIB
Seram, Kutu Busuk di Paris Ditemukan di Bangku Kereta dan Bioskop

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - PARIS. Wabah kutu busuk telah melanda Paris dan kota-kota Perancis lainnya. Kondisi ini memicu gelombang insektofobia dan menimbulkan pertanyaan tentang kesehatan dan keselamatan selama Olimpiade yang akan dihelat di Prancis pada tahun depan.

Demikian fenomena yang digambarkan secara luas di media berita Perancis dan internasional.

Melansir BBC, terdapat fakta yang menunjukkan di mana  jumlah kutu busuk telah meningkat selama beberapa minggu terakhir. Dan tren peningkatan tersebut terjadi sejak beberapa tahun yang lalu.

“Setiap akhir musim panas kita melihat peningkatan besar jumlah kutu busuk,” kata Jean-Michel Berenger, ahli entomologi di rumah sakit utama Marseille dan pakar les punaises terkemuka di Prancis.

Dia menambahkan, “Itu karena orang-orang telah berpindah-pindah selama bulan Juli dan Agustus, dan mereka membawanya kembali ke dalam bagasi. Dan setiap tahun, peningkatan musiman lebih besar dibandingkan tahun lalu.”

Di Paris, selain ketakutan lama terhadap kutu busuk yang dirasakan oleh penghuni apartemen (satu dari 10 di antaranya pernah mengalami kutu busuk dalam lima tahun terakhir, muncul pula kekhawatiran lainnya di mana kutu busuk sudah menyerang tempat-tempat umum.

Baca Juga: Panda-Panda Raksasa di Seluruh Dunia akan Kembali Pulang ke China

Laporan bahwa kutu busuk baru-baru ini ditayangkan di bioskop belum terbukti, namun ditanggapi dengan serius. Demikian pula klaim bahwa orang-orang telah digigit kutu busuk di kereta.

Dan kini Balai Kota Paris dan pemerintahan Presiden Emmanuel Macron menyerukan tindakan pemberantasan. Hal ini menunjukkan betapa seriusnya mereka menanggapi masalah ini – dan betapa mereka perlu melindungi citra Paris menjelang Olimpiade 2024 – sehingga mereka tidak menganggap kepanikan kutu busuk sebagai sebuah rekayasa media sosial.

Cerita-cerita menakutkan tersebar luas di internet dengan sangat cepat sehingga mengubah apa yang dulunya hanya berita biasa di surat kabar menjadi keadaan darurat nasional.

Pemilik bioskop – yang sudah khawatir dengan menurunnya jumlah penonton – sangat ketakutan ketika beredar video yang menunjukkan kutu busuk muncul di kursi bioskop. Orang-orang di metro sudah mulai memeriksa jok mereka. Beberapa lebih memilih untuk berdiri.

Baca Juga: Rusia Tegaskan Belum Meninggalkan Moratorium Uji Coba Nuklir

"Ada elemen baru tahun ini - dan itu adalah psikosis umum yang mulai terjadi," kata Berenger.

“Ini adalah hal yang baik karena berfungsi untuk membuat orang sadar akan masalah ini, dan semakin cepat Anda bertindak melawan kutu busuk, semakin baik. Tetapi banyak masalah yang dibesar-besarkan," jelasnya.



TERBARU

×