kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Robert Kiyosaki Bilang Orang Kaya Tidak Bermain Aman, Apa Maksudnya?


Kamis, 23 Februari 2023 / 11:38 WIB
Robert Kiyosaki Bilang Orang Kaya Tidak Bermain Aman, Apa Maksudnya?
ILUSTRASI. Robert Kiyosaki, penulis buku Rich Dad Poor Dad, memiliki sejumlah tips atau nasehat untuk menjadi orang kaya.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Robert Kiyosaki, penulis buku Rich Dad Poor Dad, memiliki sejumlah tips atau nasehat untuk menjadi orang kaya. 

Dalam blog resminya Richdad.com, Kiyosaki membeberkan bagaimana cara belajar seperti orang kaya. 

Menurutnya, ada sejumlah hal yang memisahkan si kaya dari si miskin. Perbedaan antara keduanya berakar pada cara mereka menjalani pendidikan. 

"Jika Anda lelah dengan apa yang Anda lakukan, atau Anda tidak menghasilkan cukup, itu hanya masalah mengubah formula Anda untuk menghasilkan uang," paparnya.

Berikut tips bagaimana belajar seperti orang kaya:

1. Orang kaya mengendalikan pendidikan mereka

Dia menjelaskan lebih jauh, bertahun-tahun yang lalu, ketika Kiyosaki berusia 26 tahun, dia mengikuti kelas akhir pekan yang disebut "How to Buy Real Estate Foreclosures". 

"Saya belajar rumus di sana yang tidak saya pelajari di sekolah. Formula itu, begitu saya mempraktikkannya, telah membuat saya sangat kaya. Saya juga bekerja untuk belajar sambil bekerja di Xerox. Saya belajar cara menjual. Keterampilan itu juga membuat saya sangat kaya," urainya.

Namun, Kiyosaki tidak berhenti di situ saja. Dia terus mempelajari formula baru dan berinvestasi dalam pendidikan finansialnya. 

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Orang Pintar Tidak Menabung dari Robert Kiyosaki

Dia bahkan menghadiri kelas yang dirancang untuk pedagang turunan, pedagang opsi komoditas, dan ahli chaologi. 

"Saya jauh dari kemampuan saya, tetapi saya belajar banyak yang membuat investasi saham dan real estat saya lebih bermakna dan menguntungkan," imbuhnya.

Intinya adalah bahwa Kiyosaki mengendalikan pendidikannya sendiri, dan dia menjadi kaya karena dia tidak menyerahkan pendidikan finansialnya pada apa yang ingin diajarkan orang lain kepadanya atau apa yang diperintahkan kepadanya untuk dipelajari.

2. Orang kaya belajar dengan cepat

Kiyosaki menjelaskan, jika Anda ingin mengendalikan pendidikan keuangan, sebagian besar perguruan tinggi junior memiliki kelas perencanaan keuangan dan investasi tradisional. 

"Itu adalah tempat yang baik untuk memulai, tetapi saya selalu mencari formula yang lebih cepat. Itulah sebabnya, secara teratur, saya menghasilkan lebih banyak dalam sehari daripada yang dihasilkan banyak orang seumur hidup mereka," urainya.

Kenyataannya, pendidikan tradisional sering mengajarkan formula yang sudah ketinggalan jalan. Jika Anda ingin mempelajari formula hari ini, Anda harus lebih proaktif dalam pendidikan dan belajar lebih cepat. 

Baca Juga: Robert Kiyosaki Bilang Uang Tak Membuat Kaya, Tapi Satu Hal Ini yang Menentukan

"Inilah mengapa saya menyarankan untuk menghadiri konferensi dan seminar, membaca buku, dan dibimbing oleh orang-orang yang benar-benar berada di industri yang Anda minati," imbuhnya.

Di dunia sekarang ini, yang penting bukanlah apa yang Anda ketahui. Sebaliknya, seberapa cepat Anda belajar. Jika Anda dapat menemukan informasi yang dicari orang lain lebih cepat dari yang mereka bisa, Anda akan melangkah jauh dalam hidup. Ini adalah keterampilan yang tak ternilai harganya. 



TERBARU

×