kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Pendapatan premi Allianz Utama turun 3,60% sepanjang tahun lalu


Senin, 31 Mei 2021 / 08:00 WIB
Pendapatan premi Allianz Utama turun 3,60% sepanjang tahun lalu

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) mencatatkan pendapatan premi bruto sebesar Rp 1,18 triliun pada 2020. Nilai itu turun 3,60% dari realisasi tahun sebelumnya yakni Rp 1,22 triliun.

Dari sisi lini bisnis, asuransi properti memberikan kontribusi yang cukup tinggi yaitu sebanyak sebesar Rp 355 miliar dan asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) sebesar Rp 201 miliar.

Sedangkan dari sisi jalur distribusi, financial institution melalui kerja sama Bancassurance justru mencatatkan pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar Rp 23 miliar atau meningkat 37,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kinerja tersebut dicapai karena seluruh karyawan telah berkontribusi secara maksimal. Kami telah membangun ekosistem digital yang kokoh dan gesit yang dapat mendukung penuh operasional dan layanan terhadap mitra bisnis dan Nasabah kami selama pandemi," kata Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia Peter van Zyl, dalam keterangan resmi, Minggu (30/5).

Baca Juga: Allianz kembangkan produk asuransi kesehatan hospital cash plan

Meski pandemi telah mempengaruhi banyak sektor dan menciptakan ketidakpastian, pihaknya berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dengan berfokus pada pertumbuhan dan kualitas, dan pengalaman terbaik Nasabah sebagai strategi kami.

Pada tahun 2020 Allianz Utama terus memperkuat kemitraan dengan bank terkemuka di Indonesia, serta melakukan sederet kerja sama dengan e-commerce, maupun perusahaan start up seperti JD.ID, Pasarpolis, Gojek, dan Home Credit Indonesia.

Selain itu, Allianz Utama juga meluncurkan sebuah terobosan digital baru bagi Nasabah, yakni Portal Klaim Digital untuk Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Perjalanan dan menawarkan layanan baru yaitu layanan video call interaktif untuk survei klaim asuransi kendaraan bermotor dan asuransi properti, serta untuk survei penutupan asuransi properti.

Dengan diberlakukannya kebijakan bekerja dari rumah dan pembatasan sosial skala besar (PSBB) sejak awal pandemi, Allianz Utama telah mengurangi 22,86% intensitas energi, 20,19% intensitas air dan 77,89% sampah.

"Kami juga secara konsisten mendukung program Bank Sampah Gusling melalui kegiatan penimbangan sampah di kantor pusat Allianz sejak 2018. Hal tersebut merupakan bagian dari komitmen kami dalam mengurangi sampah Indonesia," terangnya.

Baca Juga: Allianz Life gandeng Bukalapak dan Gojek, pasarkan asuransi kesehatan

Allianz Utama senantiasa berkomitmen untuk memberikan perlindungan kepada Nasabah dengan membayarkan klaim sebesar Rp460 miliar sepanjang tahun 2020. Dengan mencatatkan RBC 346%, yang jauh di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator sebesar 120%.

“Di tahun 2020 yang penuh tantangan, kami tidak berhenti untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan menerapkan digitalisasi agar Nasabah mendapatkan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

×