kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengenal CEO Amazon yang baru Andy Jassy dan obsesinya pada penemuan kembali


Rabu, 03 Februari 2021 / 18:50 WIB
Mengenal CEO Amazon yang baru Andy Jassy dan obsesinya pada penemuan kembali

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Andy Jassy menjadi CEO Amazon yang baru pasca founder Amazon Jeff Bezos mengundurkan diri. Jassy bukanlah orang baru di Amazon.

Pria berusia 53 tahun ini telah bergabung dengan perusahaan e-commerce raksasa di dunia tersebut sejak 1997 dan bekerja untuk mengawasi bisnis komputasi awan Amazon yang berkembang pesat saat ini.

Dalam salah satu seminar yang ia bawakan, Jassy mengatakan bahwa kunci kesuksesan jangka panjang Amazon adalah penemuan kembali.

“Anda ingin menemukan kembali ketika Anda sehat, Anda ingin menciptakan kembali setiap saat,” ujar Jassy pada Desember 2020 di forum perusahaan seperti dilansir Reuters, Rabu (3/2)..

Jassy mengatakan bahwa setiap perusahaan harus memiliki keuangan dan tanpa henti serta ulet untuk mencapai kebenaran. "Anda harus tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak,” ujarnya.

Jassy mengutip keputusan Netflix untuk mengkanibal bisnis penyewaan DVD-nya sendiri demi streaming.

Fokus pada masa depan sangat tepat mengingat karier Jassy ditentukan oleh Amazonnya yang terkemuka ke pasar yang sepenuhnya baru: komputasi awan.

Baca Juga: Jeff Bezos mundur dari CEO Amazon, siapa penggantinya?

Amazon Web Services menyewakan ruang dan pemrograman perangkat lunak bagi pelanggan untuk menjalankan operasi teknis mereka di server perusahaan. Lengan tersebut sekarang menjadi bahan bakar keuntungan Amazon dan mendominasi pasar cloud seperti perusahaan tersebut memimpin dunia e-commerce.

Jassy, ​​yang bergabung dengan Amazon setelah lulus dari Harvard Business School, bekerja sebagai asisten teknis untuk Bezos di awal tahun 2000-an dan berperan penting dalam memimpin dorongan perusahaan di luar penjualan buku.

Kenaikan Jassy ke posisi puncak terlihat jelas setelah eksekutif lama dan kepala konsumen Jeff Wilke mengumumkan pengunduran dirinya setelah lebih dari dua dekade bergabung dengan Amazon. Wilke adalah pejabat tertinggi kedua di Amazon bersama Jassy.

Sikapnya yang merangkul perubahan juga membuatnya menjadi favorit.

Baca Juga: Ini yang akan dilakukan Jeff Bezos setelah mundur dari posisi CEO Amazon



TERBARU

×