Kekayaan para miliarder ini melorot terkena dampak krisis Evergrande

Kamis, 23 September 2021 | 13:16 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Kekayaan para miliarder ini melorot terkena dampak krisis Evergrande

ILUSTRASI. Krisis Evergrande turut mempengaruhi nilai kekayaan para miliarder dunia. REUTERS/Aly Song

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Krisis Evergrande, pengembang real estat terbesar di China yang kini tengah menghadapi kebangkrutan, turut mempengaruhi nilai kekayaan para miliarder dunia. Para miliarder tersebut kehilangan uang hingga miliaran dolar.

Mengutip financialexpress.com, 10 orang terkaya di dunia, seperti Elon Musk, Jeff Bezos, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffett, dan lainnya kehilangan lebih dari US$ 26 miliar. 

Menurut Bloomberg Billionaires Index, Elon Musk dari Tesla Inc, miliarder terkaya di dunia, mengalami penurunan kekayaan bersihnya sebesar US$ 7,2 miliar menjadi US$ 198 miliar. 

Pendiri Amazon.com Inc, Jeff Bezos, kehilangan nilai kekayaan sebesar US$ 5,6 miliar menjadi US$ 194 miliar. 

Pendiri dan Ketua Evergrande Hui Ka Yan, yang berada di posisi 359 dalam daftar Bloomberg Billionaires Index, mengalami penurunan peringkat kekayaannya karena saham perusahaan jatuh ke level terendah dalam lebih dari 11 tahun. 

Baca Juga: Contek gaya hidup Warren Buffett lewat 9 kebiasaannya

Saham Evergrande terakhir terlihat diperdagangkan pada level ini pada Mei 2010 silam. Kekayaan bersih Hui Ka Yan hanya mencapai US$ 7,3 miliar, turun hampir US$ 16 miliar pada basis year-to-date.

Siapa yang mengalami penurunan kekayaan terbesar?

Financialexpress.com memberitakan, pada 21 September 2021, Elon Musk masih tetap menjadi orang terkaya di dunia di planet ini dengan kekayaan bersih US$ 198 miliar, meskipun mengalami penurunan kekayaan sebesar US$ 7,15 miliar. 

Pendiri Amazon.com Inc Jeff Bezos berada di posisi kedua dengan kekayaan bersih US$ 194 miliar, dengan penurunan US$ 5,2 miliar. 

Tiga orang lainnya dalam daftar lima teratas adalah pimpinan Louis Vuitton SE Bernard Arnault dengan nilai kekayaan US$ 157 miliar (turun US$ 2 miliar), salah satu pendiri Microsoft Bill Gates dengan nilai kekayaan US$ 149 miliar (turun US$ 1,94 miliar), dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg dengan nilai kekayaan US$ 132 miliar (turun US$ 3,27 miliar). 

Baca Juga: Yayasan Bill Gates catat kepemilikan baru di Morgan Stanley China

Sejauh minggu ini, lima orang terkaya teratas telah kehilangan lebih dari US$ 26 miliar.

Menurut Bloomberg Billionaire Index, pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin masing-masing berada di posisi keenam (US$ 124 miliar, turun US$ 1,9 miliar) dan posisi ketujuh (US$ 119 miliar, turun US$ 1,8 miliar). 

Mantan CEO Microsoft, Steve Ballmer berdiri di posisi kedelapan dalam daftar dengan kekayaan bersih US$ 105 miliar (turun US$ 1,9 miliar). Larry Ellison dari Oracle Corporation berada di posisi kesembilan dengan total kekayaan bersih US$ 100 miliar (turun US$ 764 juta), dan investor multi-miliarder Warren Buffet berdiri di posisi 10 dengan total kekayaan bersih US$ 100 miliar (turun US$ 701 juta).

 

Selanjutnya: Langkah Bank Sentral China tangani krisis Evergrande dianggap belum maksimal

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru