Contek gaya hidup Warren Buffett lewat 9 kebiasaannya

Rabu, 15 September 2021 | 10:32 WIB Sumber: Yahoo News
Contek gaya hidup Warren Buffett lewat 9 kebiasaannya

ILUSTRASI. Sembilan cara berhemat Buffett dapat membantu Anda menabung dan membelanjakan uang dengan bijak. (Photo by Daniel Zuchnik/WireImage)

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Warrem Buffett mungkin memiliki miliaran dolar di tangannya. Akan tetapi, Warren Buffett lebih suka menjalani hidup dengan sederhana.

Melansir Money Wise, Oracle of Omaha ini tidak akan ditemukan tinggal di sebuah rumah besar di Hollywood Hills, mengoleksi mobil sport mewah, atau makan setiap hari di restoran ternama. Ikon investasi itu mempraktikkan apa yang dia sebut tentang disiplin keuangan, menabung, dan melunasi utang.

Berikut adalah sembilan cara berhemat Buffett dapat membantu Anda menabung dan membelanjakan uang dengan bijak, seperti yang dikutip Kontan dari Money Wise:

1. Warren Buffett masih tinggal di rumah yang sama yang dia beli pada tahun 1958

Saat sebagian besar miliarder lain membeli real estat mahal, Buffett awalnya membayar US$ 31.500 untuk rumahnya di Omaha, Nebraska. Dia sudah tinggal di sana selama lebih dari 60 tahun.

Namun, rumahnya tidak kecil. Rumah lima kamar tidur seluas 6.570 kaki persegi ini telah mengalami banyak renovasi dan penambahan selama beberapa dekade dan bernilai sekitar US$ 1 juta hari ini. Rumah itu juga dilindungi oleh pagar dan kamera keamanan.

Warren Buffett tidak memiliki rencana untuk pindah. Dia bahkan menyebutnya sebagai investasi terbaik ketiga yang pernah dia lakukan, dalam sebuah surat tahun 2010 kepada para pemegang saham Berkshire Hathaway.

Baca Juga: Yayasan Bill Gates catat kepemilikan baru di Morgan Stanley China

2. Warren Buffett jarang mengajukan pinjaman

Hipotek satu-satunya Buffett adalah saat membeli sebuah rumah liburan di Laguna Beach, California, yang dia beli pada tahun 1971, meskipun dia memiliki uang tunai untuk membeli properti tepi pantai yang terdaftar seharga US$ 150.000.

Dia mengatakan kepada CNBC bahwa dia mengambil pinjaman hipotek 30 tahun. "Saya pikir saya mungkin bisa berbuat lebih baik dengan uang itu daripada membeli semua ekuitas rumah," katanya. 

Dia memutuskan untuk menggunakan uang ekstra di tangan untuk saham di Berkshire Hathaway - perusahaan yang memberinya miliaran - sebagai gantinya.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru