CLOSE [X]

Contek gaya hidup Warren Buffett lewat 9 kebiasaannya

Rabu, 15 September 2021 | 10:32 WIB Sumber: Yahoo News
Contek gaya hidup Warren Buffett lewat 9 kebiasaannya

ILUSTRASI. Sembilan cara berhemat Buffett dapat membantu Anda menabung dan membelanjakan uang dengan bijak. (Photo by Daniel Zuchnik/WireImage)


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Warrem Buffett mungkin memiliki miliaran dolar di tangannya. Akan tetapi, Warren Buffett lebih suka menjalani hidup dengan sederhana.

Melansir Money Wise, Oracle of Omaha ini tidak akan ditemukan tinggal di sebuah rumah besar di Hollywood Hills, mengoleksi mobil sport mewah, atau makan setiap hari di restoran ternama. Ikon investasi itu mempraktikkan apa yang dia sebut tentang disiplin keuangan, menabung, dan melunasi utang.

Berikut adalah sembilan cara berhemat Buffett dapat membantu Anda menabung dan membelanjakan uang dengan bijak, seperti yang dikutip Kontan dari Money Wise:

1. Warren Buffett masih tinggal di rumah yang sama yang dia beli pada tahun 1958

Saat sebagian besar miliarder lain membeli real estat mahal, Buffett awalnya membayar US$ 31.500 untuk rumahnya di Omaha, Nebraska. Dia sudah tinggal di sana selama lebih dari 60 tahun.

Namun, rumahnya tidak kecil. Rumah lima kamar tidur seluas 6.570 kaki persegi ini telah mengalami banyak renovasi dan penambahan selama beberapa dekade dan bernilai sekitar US$ 1 juta hari ini. Rumah itu juga dilindungi oleh pagar dan kamera keamanan.

Warren Buffett tidak memiliki rencana untuk pindah. Dia bahkan menyebutnya sebagai investasi terbaik ketiga yang pernah dia lakukan, dalam sebuah surat tahun 2010 kepada para pemegang saham Berkshire Hathaway.

Baca Juga: Yayasan Bill Gates catat kepemilikan baru di Morgan Stanley China

2. Warren Buffett jarang mengajukan pinjaman

Hipotek satu-satunya Buffett adalah saat membeli sebuah rumah liburan di Laguna Beach, California, yang dia beli pada tahun 1971, meskipun dia memiliki uang tunai untuk membeli properti tepi pantai yang terdaftar seharga US$ 150.000.

Dia mengatakan kepada CNBC bahwa dia mengambil pinjaman hipotek 30 tahun. "Saya pikir saya mungkin bisa berbuat lebih baik dengan uang itu daripada membeli semua ekuitas rumah," katanya. 

Dia memutuskan untuk menggunakan uang ekstra di tangan untuk saham di Berkshire Hathaway - perusahaan yang memberinya miliaran - sebagai gantinya.

3. Warren Buffett membeli sarapan dengan harga murah

Meski Warren Buffett dapat dengan mudah menyewa koki pribadi untuk memasakkannya makanan gourmet, dia sering membeli sarapan di Mc D dalam perjalanannya ke tempat kerja. Dia tidak menghabiskan lebih dari US$ 3,17 untuk makan paginya.

“Ketika saya tidak merasa begitu makmur, saya mungkin pergi dengan US$ 2,61, yang merupakan dua roti sosis, dan kemudian saya menggabungkannya dan menuangkan Coke untuk diri saya sendiri,” katanya dalam film dokumenter HBO Becoming Warren Buffett. 

”US$ 3,17 adalah biskuit bacon, telur, dan keju. Tetapi pasar sedang sepi pagi ini, jadi saya akan melewatkan US$ 3,17 dan pergi dengan US$ 2,95,” ceritanya.

Daripada pergi keluar untuk makan besar atau membeli latte dari Starbucks setiap hari, buatlah makan siang dan kopi Anda sendiri. 

Baca Juga: Jarang terjadi, Bernard Arnault jual rugi seluruh sahamnya di Carrefour

4. Dia membeli mobil yang di-mark-down

Banyak miliuner dan miliuner menyimpan koleksi mobil sport dan model vintage yang mencolok di garasi mereka, tetapi Buffett diduga lebih memilih mobil tetap yang dapat diperolehnya dengan harga lebih murah.

Dia meningkatkan mobilnya dari Cadillac DTS 2006 ke Cadillac XTS hanya dengan US$ 45.000 pada tahun 2014. "Sebenarnya, saya hanya berkendara sekitar 3.500 mil setahun jadi saya akan sangat jarang membeli mobil baru," akunya kepada Forbes.

Baik Anda memilih mobil baru atau model bekas, Anda tidak boleh mengeluarkan uang terlalu banyak untuk kendaraan, jadi jangan mencari pinjaman pertama yang Anda temukan dan mencari-cari penawaran yang lebih baik. 

5. Warren Buffett tidak berbelanja berdasarkan merek

Buffett tidak terlalu peduli dengan setelan desainer atau model iPhone terbaru. Dia mengandalkan ponsel flip seharga US$ 20 selama bertahun-tahun sebelum menukarnya dengan smartphone Apple pada tahun 2020. Dan meskipun ada upgrade, dia tidak menggunakan iPhone apa pun dengan fungsi yang lebih mewah.

Buffett menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan pernah berkata, “Jangan menabung apa yang tersisa setelah dibelanjakan, tetapi habiskan apa yang tersisa setelah menabung.”

6. Warren Buffett tidak berinvestasi dengan uang pinjaman 

“Saya tidak pernah meminjam uang dalam jumlah yang signifikan dalam hidup saya. Tidak pernah. Tidak akan pernah. Saya tidak tertarik,” katanya kepada mahasiswa di Notre Dame pada tahun 1991.

Meskipun Buffett muda pernah meminjam 25% dari kekayaan bersihnya untuk membeli saham, dia memperingatkan investor agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Bahkan pedagang saham yang terampil akan memberi tahu Anda bahwa meminjam untuk berinvestasi bisa berisiko. 

Baca Juga: Investasi Ted Weschler, Deputi Warren Buffett, tumbuh 300.000% dalam 30 tahun

7. Warren Buffett melakukan apa yang dia suka

Buffett memuji beberapa kesuksesannya terkait investasi. “Anda harus menyukai sesuatu untuk melakukannya dengan baik,” katanya.

Dia mendesak orang untuk melakukan pekerjaan yang mereka sukai, alih-alih posisi yang terlihat bagus di resume Anda.

Dan jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan penghasilan Anda, manfaatkan keterampilan dan hobi Anda dan buat pekerjaan sampingan Anda sendiri.

Baca Juga: Dana pensiun Wakil Warren Buffett ini melonjak dari Rp 1 miliar jadi Rp 3,76 triliun

8. Warren Buffett menemukan cara kreatif untuk menabung

Ketika anak pertama Buffett lahir, dia mengubah laci meja rias menjadi keranjang bayi. Untuk yang kedua, dia meminjam tempat tidur bayi.

“Jika Anda membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan, Anda akan segera menjual barang-barang yang Anda butuhkan,” kata miliarder itu. 

Buffett memperhatikan pengeluaran-pengeluaran kecil sebelum mereka dapat bertambah dan menghasilkan solusi kreatif untuk menghindari pengeluaran lebih dari yang seharusnya.

9. Waren Buffett menggunakan uang tunai, bukan kredit

Sementara kebanyakan dari kita lebih memilih kenyamanan kartu kredit untuk pembelian sehari-hari, Buffett menggunakan uang tunai.

Bahkan, dia mengatakan kepada Pemimpin redaksi keuangan Yahoo! Andy Serwer pada tahun 2019 bahwa ia menggunakan uang tunai 98% dari transaksi yang dilakukan. "Jika saya di restoran, saya akan selalu membayar tunai. Ini lebih mudah,” jelasnya. 

Meskipun metode ini mungkin terdengar agak kuno, kurang mengandalkan kartu kredit Anda dapat membantu mencegah pengeluaran uang yang tidak Anda miliki.

Menggunakan sebagian besar kredit Anda yang tersedia dan tertinggal dalam pembayaran bulanan Anda merusak nilai kredit Anda. Jika Anda berjuang untuk melunasi hutang kartu kredit Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggabungkannya menjadi pinjaman konsolidasi hutang dengan tingkat bunga yang lebih rendah.

 

Selanjutnya: Miliarder ini meramal mata uang kripto akan kembali ke level nol

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru