Cara Download Sertifikat Vaksin Tanpa Harus Install PeduliLindungi, Masih Dibutuhkan

Kamis, 10 Februari 2022 | 05:00 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Cara Download Sertifikat Vaksin Tanpa Harus Install PeduliLindungi, Masih Dibutuhkan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masihkah kita membutuhkan sertifikat vaksin Covid-19? Jawabannya, selama pandemi virus corona masih berlanjut, peran sertifikat vaksin Covid-19 masih sangat penting. Oleh karenanya, penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara download dan cek sertifikat vaksin Covid-19.

Pasalnya, sertifikat vaksin dibutuhkan untuk mengakses sejumlah layanan dan tempat publik. Nah, jika tidak bisa menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19, maka Anda tidak bisa mendapatkan izin untuk masuk ke fasilitas publik tersebut. Misalnya saja mal, taman bermain, restoran, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika kamu sudah menjalani dua tahap vaksinasi Covid-19, maka ada dua sertifikat yang akan diberikan. 

Kamu bisa mendownload sertifikat vaksin Covd-19 dengan beberapa cara, tanpa harus memiliki aplikasi PeduliLindungi. 

Adapun cara downloadnya antara lain sebagai berikut:

1. Melalui SMS

  • Jika kamu sudah melakukan vaksin Covid-19, kamu akan memperoleh SMS dari nomor 1199 yang menyatakan telah berhasil mengikuti vaksinasi tahap pertama. 
  • SMS itu berisi nama lengkap, nomor NIK, nomor tiket vaksin, dan jadwal vaksin dosis kedua lengkap dengan tanggal serta lokasi vaksinasi. 
  • Di dalam pesan singkat tersebut, juga tercantum link untuk melihat sertifikat vaksin digital sebagai bukti telah selesai melakukan vaksin pertama. 

Baca Juga: Indonesia-Turki sepakat saling mengakui sertifikat vaksinasi Covid-19

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru