kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wabah corona menyebar di rumah sakit besar Malaysia, petugas medis terinfeksi


Sabtu, 19 Desember 2020 / 11:16 WIB
Wabah corona menyebar di rumah sakit besar Malaysia, petugas medis terinfeksi

Sumber: The Straits Times | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Rumah sakit besar Malaysia menghadapi wabah virus corona yang menyebar di antara petugas kesehatan dan staf. Ini terjadi seiring melonjaknya jumlah kasus Covid-19 aktif yang mencapai rekor lebih dari 15.000 pada hari Jumat (18/12/2020).

Mengutip Straits Times, Rumah Sakit Umum Klang dan Rumah Sakit Serdang, dua rumah sakit besar di negara bagian terkaya dan terpadat di negara bagian Selangor, telah merebak di antara para pekerjanya dalam beberapa pekan terakhir.

Rumah sakit di Klang telah mencatatkan lebih dari 50 staf terinfeksi virus, dan Rumah Sakit Serdang telah mencatat 29 kasus.

Menurut Kementerian Kesehatan pada hari Jumat, Rumah Sakit Sungai Buloh, fasilitas utama lain yang merawat pasien Covid-19, melaporkan 15 kasus di antara para pekerjanya. Dan Rumah Sakit Kuala Lumpur telah mendaftarkan 10 kasus.

Baca Juga: Berlakukan keadaan darurat, Malaysia tunda pemilu sela di dua daerah

Rumah sakit tersebut secara kolektif melayani daerah perkotaan yang padat penduduk dengan jumlah lebih dari tujuh juta orang, meliputi Kuala Lumpur dan Selangor.

Kementerian Kesehatan mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa total 1.359 infeksi virus corona telah terdaftar di antara petugas kesehatan sejak gelombang ketiga pandemi dimulai pada akhir September. Pada hari Jumat saja, dilaporkan 43 infeksi lainnya di antara petugas kesehatan.

1.697 petugas kesehatan lainnya berada di bawah Perintah Pengawasan Rumah, yang menempatkan mereka di karantina rumah setidaknya selama 10 hari.

Baca Juga: Singapura bakal beri vaksinasi Covid-19 secara gratis

"Lonjakan drastis ini diyakini terkait erat dengan peningkatan penularan komunitas. Namun, kasus di semua rumah sakit yang terlibat masih terkendali dan layanan kesehatan disediakan seperti biasa," kata kementerian dalam update harian tentang situasi virus corona seperti yang dilansir Straits Times.



TERBARU

×