Tren positif atas kinerja Putra Rajawali (PURA) diyakini bisa berlanjut tahun ini

Sabtu, 27 Februari 2021 | 15:15 WIB   Reporter: Hikma Dirgantara
Tren positif atas kinerja Putra Rajawali (PURA) diyakini bisa berlanjut tahun ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di saat pandemi memukul semua sektor usaha, nyatanya beberapa perusahaan justru tetap bisa membukukan kinerja yang positif. Salah satunya adalah PT Putra Rajawali Kencana Tbk (PURA).

Emiten yang bergerak di sektor transportasi ini mengaku mampu mencatatkan kinerja yang apik pada tahun lalu di saat pandemi melanda. Bahkan, di tengah momen pemulihan ekonomi tahun ini, PURA juga optimistis bisa melanjutkan kembali kinerja positif mereka.

Direktur Utama PURA Ariel Wibisono meyakini, tahun ini sektor transportasi memiliki outlook yang menjanjikan. Apalagi, ia bilang PURA pada tahun lalu relatif tidak terlalu terganggu kinerjanya akibat pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Sebagian hasil rights issue Summarecon Agung (SMRA) digunakan untuk bayar utang

“Dari segi bisnis, segmentasi market PURA ini kan membidik business to business (B2B). Oleh karena itu, bisnis kami tidak terlalu terdampak dan bisa mencatatkan kinerja yang baik dan sesuai ekspektasi dari manajemen PURA,” kata Ariel kepada Kontan.co.id, Kamis (25/2).

Walau demikian, Ariel belum bisa membagikan detail kinerja PURA pada kuartal IV-2020 kemarin. Secara umum, ia bilang, PURA berhasil membukukan kinerja positif baik dari segi pendapatan maupun kinerja keuangan. Dari segi kenaikan pendapatan, PURA disebut berhasil mencatatkan pertumbuhan double digit, sementara posisi cash flow juga positif.

Sementara menyambut tahun ini, Ariel optimistis PURA bisa membukukan kenaikan pendapatan lagi yang cukup signifikan. Hal ini berdasarkan pertimbangan pada 2021 akan ada pembangunan kelanjutan Infrastruktur oleh pemerintah. Selain itu, optimisme kinerja industri yang akan bangkit seiring dampak dari Covid-19 yang sudah mulai membaik.

Optimisme PURA tercermin dari target kinerja yang dipatok pada tahun ini. Ariel menyebut, pihaknya menargetkan pendapatan PURA diharapkan bisa mencapai Rp 145,63 miliar sepanjang tahun ini. Selain itu, diharapkan dari sisi laba kotor akan mencapai Rp 17,62 miliar di akhir 2021 mendatang. 

Baca Juga: Indocement (INTP) menargetkan pertumbuhan penjualan semen tahun ini sebesar 4%

Nah, untuk mencapai target kinerja tersebut, PURA memiliki beberapa strategi untuk tahun ini. Seperti, mengembangkan sistem operation management dengan cara dedicated fleet. Artinya kendaraan PURA hanya didedikasikan untuk customer tersebut.

Lebih lanjut Ariel bilang, segala urusan pengiriman yang ditujukan ke fleet kendaraan milik PURA hanya untuk customer tersebut dan tarif semua rute dihitung fixed rate dengan batasan-batasan yang disetujui kedua belah pihak. Pihaknya juga akan terus mengembangkan sistem internal manajemen baik untuk fleet, driver, dan inventory serta integrasi menuju INTRALOGISTIK 4.0.

“Guna semakin memaksimalkan kinerja, kami juga akan menjalin kerjasama dengan perusahaan multimoda. Jadi, nantinya, dengan integrasi moda transportasi, diharapkan volume pengiriman bisa lebih maksimal dan risiko pun bisa lebih diminimalisir,” imbuh Ariel.

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru