Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Toyota, Daihatsu bersama Astra kembali berkolaborasi sebagai bentuk upaya nyata agar senantiasa tumbuh bersama bangsa Indonesia, berkontribusi bagi pertumbuhan industri otomotif nasional, dan menghadirkan kendaraan yang dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat.
Kolaborasi yang terjalin selama ini telah memberikan dampak positif pada pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Di antaranya adalah menciptakan lapangan kerja baru, berbagi teknologi, pemanfaatan kandungan lokal, serta menyediakan produk yang tidak hanya sesuai untuk kebutuhan pasar dalam negeri, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan ekspor.
Ke depannya, segala usaha dari kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan solusi mobilitas terbaik bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya meningkatkan kualitas hidup, melainkan juga dapat menjaga lingkungan melalui penggunaan advance technology yang rendah emisi untuk saat ini dan masa depan yang lebih baik.
Baca Juga: Bocoran mesin Toyota Raize: Punya tenaga dan torsi lebih besar
Di Indonesia, kolaborasi ini telah berlangsung selama hampir dua dasawarsa yaitu sejak 2003 dan semenjak itu produk – produknya telah menjadi pilihan utama konsumen di tanah air maupun mancanegara. Semua produknya diproduksi di dalam negeri, di mana untuk produk tertentu sudah memiliki komponen lokal bahkan mencapai 95%.
Kesuksesan ini didasari oleh kolaborasi yang kuat antara Toyota Group dan mitra jangka panjang Astra yang tidak berhenti untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.
Tidak berhenti sampai di situ, Toyota dan Daihatsu kini meresmikan kolaborasi terbarunya. Peresmian kolaborasi bertajuk “Sinergi Untuk Negeri” ini dilakukan secara virtual yang dihadiri oleh Chief Executive Officer of Toyota Motor Corporation Asia Region Yoichi Miyazaki, President of Daihatsu Motor Company Soichiro Okudaira, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro, dan turut dihadiri Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita.
Yoichi Miyazaki menyampaikan, Toyota dan Daihatsu memulai kolaborasi sebagai bagian dari Grup Toyota dengan memaksimalkan kekuatan kedua perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.
“Dengan berinvestasi dalam menghadirkan advance technology dan mempromosikan konten lokal, kedua perusahaan ini akan terus meningkatkan daya saing dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan industri otomotif,” ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Rabu (28/4).
Tidak hanya menyediakan produk–produk untuk memenuhi kebutuhan di pasar dalam negeri, Toyota dan Daihatsu juga menjadi kontributor terbesar untuk ekspor kendaraan roda empat di Indonesia hingga saat ini dengan kontribusi lebih dari 60%. Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Grup Toyota juga akan mengekspor produk kolaborasi terbaru ini ke sekitar 50 negara di dunia.
Menurut Soichiro Okudaira, Daihatsu bekerjasama dengan Toyota dalam membangun lini bisnis yang kompetitif untuk segmen kendaraan kompak bagi Toyota Group, termasuk di dalamnya pengembangan dan produksi kendaraan. “Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi kami. Oleh karena itu, kami akan terus berinvestasi dan berkontribusi bagi masyarakat Indonesia,” jelas dia.
Astra sebagai mitra jangka panjang Toyota dan Daihatsu senantiasa mendukung penuh kolaborasi ini sejak awal untuk dapat menghadirkan mobilitas yang sesuai bagi masyarakat Indonesia. Djony Bunarto Tjondor menyebut, pihaknya bangga telah menjadi bagian dalam mengembangkan produk Toyota dan Daihatsu di Indonesia selaras dengan cita-cita Astra, yakni Sejahtera Bersama Bangsa.
“Astra berharap produk kolaborasi baru ini akan memberikan semakin banyak pilihan bagi konsumen di Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan hasil semangat bersama Astra, Toyota, dan Daihatsu,” kata dia.
Bagi Toyota Astra Motor, kemunculan Toyota Raize ini akan menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen SUV, sejalan dengan transformasi dari automobile company menjadi mobility company. Kolaborasi ini tidak hanya akan didukung oleh pilihan kendaraan yang juga tepat untuk masing–masing orang, melainkan juga layanan yang variatif menyesuaikan tren dan kebutuhan yang berkembang.
Sama halnya dengan Astra Daihatsu Motor yang berkomitmen untuk memastikan Daihatsu Rocky sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui pemanfaatan fasilitas R&D Center PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia.
Selanjutnya: Hore! Toyota buka keran SPK Raize setelah resmi meluncur
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News