CLOSE [X]

THR PNS 2021 dibayar Mei, simak besaran, aturan & saran penggunaan

Kamis, 29 April 2021 | 11:55 WIB Sumber: Kompas.com
THR PNS 2021 dibayar Mei, simak besaran, aturan & saran penggunaan


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pemerintah akan membayarkan tunjangan hari raya atau THR untuk para pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) dan anggota TNI/Polri mulai Mei 2021. Simak aturan, anggaran, jadwal pencairan hingga saran penggunaan THR PNS dan anggota TNI/Polri.

THR adalah hak setiap pekerja baik swasta maupun PNS dan TNI/Polri. THR wajib diberikan oleh instansi maupun perusahaan menjelang perayaan hari besar keagamaan yang dianut oleh karyawan atau pegawainya.

Bagi mereka pegawai atau karyawan yang beragama Islam, maka THR harus dicairkan sebelum tiba Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Berikut sejumlah hal yang perlu diketahui terkit THR Lebaran 2021, khususnya yang akan diterima para PNS dan anggota TNI/Polri:

1. Aturan teknis

Aturan yang mendasari pembagian THR bagi PNS dan anggota TNI/Polri akan selalu diperbarui setiap tahunnya melalui peraturan pemerintah, dalam hal ini Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Namun, untuk tahun ini PMK tersebut masih dalam proses penyelesaian di Kementerian Keuangan. "Saat ini PP-nya sedang dalam proses untuk kemudian ditandatangani Bapak Presiden,” kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati, dikutip dari Kompas.com (28/4/2021). '

Baca juga: KFC akan bayar THR karyawan pada 5 Mei 2021

2. Anggaran untuk THR

Menkeu menyebut, Pemerintah menganggarkan Rp 30,6 triliun pada 2021 untuk membayarkan THR kepada para PNS dan TNI/Polri, baik di instansi pusat maupun daerah. Perinciannya, Rp 15,8 triliun akan dibelanjakan untuk THR PNS di tingkat pusat, dan sisanya sebesar Rp 14,8 triliun untuk PNS di daerah. "Jadi jumlahnya sangat signifikan THR ini dan kita harapkan akan mendorong (peredaran uang di masyarakat). Meskipun masyarakat tidak mudik, tapi tetap bisa mengirim kepada orangtua atau saudara di kota tempat tinggal mereka,” ungkap Sri Mulyani.

3. Waktu pencairan

Menkeu memastikan THR bagi PNS, dan TNI/Polri akan mulai disalurkan sejak H-10 hingga H-5 Lebaran 2021 secara bertahap. “THR ini akan dibayarkan pada H-10 sampai H-5, karena biasanya ini bertahap,” kata Sri Mulyani dilansir dari Antara, Rabu (28/4/2021).

Simak fakta THR PNS, TNI/Polri di halaman selanjutnya

4. Arahan penggunaan

Selain dikirimkan kepada orangtua atau kerabat di kampung halaman, Menkeu menyebut uang THR PNS dan TNI/Polri ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbelanja baik di pusat perbelanjaan maupun secara online.

Dengan catatan, apabila akan melakukan belanja secara fisik di pusat-pusat perbelanjaan masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Belanja masyarakat diharapkan dapat membantu proses pemulihan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Inilah jadwal pencairan THR PNS pusat dan daerah 2021

5. Besaran

Mengacu pada peraturan yang berlaku tahun 2020, yakni PMK Nomor 5 Tahun 2020, besaran THR bagi PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang diterima adalah sebesar penghasilan yang diterima pada Maret 2020. Hal itu tertuang dalam pasal 6 PMK tersebut. Dijelaskan lebih lanjut, penghasilan yang dimaksud maksimal meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan/umum.

Tak hanya PNS dan TNI/Polri yang menerima THR di tahun 2020, namun juga para pensiunan, hakim, hingga calon PNS.

Untuk PNS dan TNI/Polri, selamat menunggu datangnya uang THR. Ingat, jangan mudik!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Hal yang Perlu Diketahui soal THR PNS 2021, dari Aturan hingga Besarannya...",


Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Editor : Sari Hardiyanto

Selanjutnya: THR lunas di hari pertama puasa, Kemnaker: Langkah ini perlu ditiru

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru