Studi terbaru: Kemampuan vaksin Covid-19 Sputnik V meningkat seiring waktu

Kamis, 26 Agustus 2021 | 19:25 WIB Sumber: TASS
Studi terbaru: Kemampuan vaksin Covid-19 Sputnik V meningkat seiring waktu

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Riset terbaru di Argentina menunjukkan kemampuan vaksin Covid-19 Sputnik V asal Rusia terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Antibodi yang dihasilkan vaksin Sputnik V memperlihatkan peningkatan dalam menetralisir setiap jenis Covid-19, bahkan setelah enam bulan.

Hasil riset ini disampaikan langsung oleh Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi Produktif Argentina pada Rabu (25/8). Riset ini sekaligus membuktikan keampuhan vaksin Covid-19 dalam melawan virus corona.

"Antibodi menjalani proses pematangan bertahap yang meningkatkan kemampuannya dalam memblokir virus dan mencegah infeksi," ungkap pemimpin tim peneliti Andrea Gamarnik.

Baca Juga: San Marino umumkan efikasi vaksin Covid-19 Sputnik V mencapai 99%

Dilansir dari TASS, penelitian ini juga menunjukkan jumlah antibodi akan berkurang seiring berjalannya waktu. Meskipun demikian, kemampuannya justru meningkat.

Selama proses penelitian, yang dilakukan selama 6 bulan, para peneliti di Argentina menganalisis 1.800 sampel plasma darah orang pada hari ke-21, 42, 120, dan 180 setelah vaksinasi dengan vaksin Sputnik V.

Sampel darah diambil baik dari mereka yang pernah mengidap Covid-19 maupun mereka yang belum pernah melakukan kontak sama sekali dengan virus corona.

Baca Juga: Vaksin Sputnik V terlambat dipasok, Argentina terus tekan Rusia

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo
Terbaru