kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Lanka akan diprioritaskan ketika vaksin COVID-19 produksi India siap diekspor


Jumat, 08 Januari 2021 / 04:30 WIB
Sri Lanka akan diprioritaskan ketika vaksin COVID-19 produksi India siap diekspor

Sumber: Al Jazeera | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri luar negeri India telah memberi tahu presiden Sri Lanka bahwa negara itu akan diprioritaskan ketika vaksin COVID-19 produksi India siap untuk diekspor, kata kantor kepresidenan.

Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar membuat janji itu dalam pertemuan dengan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa sebagai tanggapan atas permintaan presiden untuk vaksin yang diproduksi di India.

“Kami sekarang sedang melihat kerja sama pasca-COVID dan saya membawa kembali minat Sri Lanka untuk mengakses vaksin dari India,” kata Jaishankar.

Regulator obat India telah menyetujui dua vaksin untuk penggunaan darurat COVID-19. Satu dikembangkan oleh Universitas Oxford dan produsen obat yang berbasis di Inggris Raya AstraZeneca, dan satu lagi oleh produsen India Bharat Biotech.

Serum Institute of India, perusahaan pembuat vaksin terbesar di dunia, telah dikontrak oleh AstraZeneca untuk membuat satu miliar dosis untuk negara berkembang, termasuk India. Namun, pengiriman vaksin di luar India kemungkinan akan memakan waktu beberapa bulan.

Kasus COVID-19 telah melonjak di Sri Lanka dalam beberapa bulan terakhir. Sedikitnya 217 orang tewas. Namun, pihak berwenang belum memutuskan vaksin hingga bulan lalu.

Jaishankar, yang melakukan kunjungan dua hari ke Sri Lanka, juga menegaskan kembali dukungan India untuk proses rekonsiliasi Sri Lanka dan “pandangan politik inklusif” yang mendorong kerukunan etnis.

Baca Juga: Timeline pengembangan dan uji klinis vaksin Sinovac yang telah didistribusikan

Kesepakatan Indo-Sri Lanka yang ditandatangani pada tahun 1987 menyerukan devolusi kekuasaan ke wilayah minoritas Tamil di Sri Lanka dan menghasilkan Amandemen ke-13 terhadap konstitusi Sri Lanka, yang membentuk dewan provinsi dengan tingkat kekuasaan yang terdesentralisasi.

“Adalah kepentingan Sri Lanka sendiri bahwa harapan rakyat Tamil akan kesetaraan, keadilan, perdamaian dan martabat dalam Sri Lanka yang bersatu terpenuhi,” katanya.

India pada tahun 1987 campur tangan untuk mengakhiri perang saudara antara pasukan pemerintah Sri Lanka dan pemberontak etnis minoritas Tamil. Orang Tamil Sri Lanka memiliki ikatan kekeluargaan, bahasa dan budaya dengan orang Tamil di India Selatan.

India mengirim pasukan penjaga perdamaian untuk melaksanakan perjanjian itu tetapi akhirnya bertempur dengan pemberontak sebelum kembali dengan kerugian besar. Pada tahun 1991, seorang tersangka pembom bunuh diri Macan Tamil membunuh mantan Perdana Menteri India Rajiv Gandhi, yang telah menandatangani perjanjian tersebut.

Pasukan pemerintah Sri Lanka menghancurkan pemberontak pada 2009, mengakhiri perang saudara selama 26 tahun yang menewaskan sedikitnya 100.000 orang, menurut PBB. Pemerintah Sri Lanka berturut-turut telah berjanji kepada India bahwa mereka akan berbagi lebih banyak kekuasaan dengan Tamil untuk memastikan perdamaian, tetapi Presiden Rajapaksa, yang terpilih November lalu, menolak gagasan itu.

Selanjutnya: Sri Mulyani: Anggaran vaksin corona harus ada karena prioritas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×