Situasi menegang, AS dan Rusia berebut pengaruh di Indonesia

Rabu, 15 Desember 2021 | 05:00 WIB Sumber: ABC News
Situasi menegang, AS dan Rusia berebut pengaruh di Indonesia


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kehadiran Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken ke Indonesia pada Senin (13/12) mendapat perhatian dunia internasional. Pasalnya, pada waktu bersamaan orang ketiga kuat ketiga di Rusia juga tiba di Indonesia untuk pembicaraan keamanan.

Mengutip abcnews, Selasa (14/12), Blinken tiba di Indonesia sehari setelah ia bertemu rekan sesama menteri luar negeri dari kelompok tujuh dan menyerukan agar Rusia mundur dari eskalasi militer di dekat perbatasan Ukraina. 

Blinken kemudian memulai kunjungan 48 jam ke Indonesia dan pesawatnya parkir di bawah bayangan penasihat keamanan nasional Presiden Rusia Vladimir Putin, yakni Nikolay Patrushev. Patrushev dianggap sebagai pejabat paling senior ketiga di pemerintahan Rusia.

Sesaat sebelum Blinken mendarat, Kedutaan Besar Rusia di Jakarta mengumumkan kunjungan Patrushev, dengan mengatakan bahwa dia akan berada di ibu kota Indonesia selama dua hari yang sama dengan diplomat top Amerika tersebut. 

Baca Juga: Jokowi terima kunjungan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia

Waktunya berarti bahwa pertemuan Patrushev akan bertepatan dengan pidato utama yang direncanakan Blinken untuk disampaikan pada hari Selasa tentang strategi Indo-Pasifik pemerintahan Biden.

Tidak ada indikasi bahwa kedua pria itu akan bertemu di Jakarta. Juga tidak ada indikasi bahwa salah satu akan mengakui kehadiran pihak lain di Indonesia, yang merupakan markas besar Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan pemain kunci keamanan regional. Kementerian luar negeri Indonesia meremehkan kunjungan duel tersebut.

“AS dan Rusia adalah dua mitra yang baik bagi Indonesia. Indonesia akan terus membangun strategic trust dengan semua negara, seluruh mitra Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. 

“Kepercayaan strategis ini sangat penting sebagai landasan untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan dan saling menghormati. Dan Indonesia memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk berkontribusi dalam menciptakan dunia yang damai, stabil, dan sejahtera,” tambah Retno.

Baca Juga: Menlu AS Antony Blinken beri jaminan membela Jepang bila diancam China

Blinken bertemu Senin sore dengan Presiden Indonesia Joko Widodo sebelum serangkaian acara penuh pada hari Selasa, termasuk pidato. Kedutaan Rusia mengatakan lawan bicara utama Patrushev di Indonesia adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Blinken melakukan perjalanan ke Jakarta dari pertemuan menteri luar negeri Kelompok Tujuh di Liverpool, Inggris, di mana ia dan rekan-rekannya mengatakan kepada Rusia pada hari Minggu untuk mengurangi peningkatan pembangunan militernya di dekat perbatasan Ukraina.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru