Sinovac untuk Anak Usia 6-11 Tahun, Dewasa dan Lansia Disarankan Pakai 3 Vaksin Ini

Kamis, 16 Desember 2021 | 11:20 WIB Sumber: Kompas.com
Sinovac untuk Anak Usia 6-11 Tahun, Dewasa dan Lansia Disarankan Pakai 3 Vaksin Ini

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai tahun 2022, vaksin Sinovac akan diprioritaskan bagi anak usia 6-11 tahun. Hal itu ditegaskan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi.

Oleh sebab itu, Nadia mendorong agar sasaran vaksinasi kelompok remaja, dewasa, dan lansia menggunakan jenis vaksin lainnya yang tersedia. 

"Jadi kita melihat stok vaksin, apabila vaksin Sinovac sedikit atau terbatas maka kita peruntukkan kepada anak-anak ya, karena mereka tidak ada pilihan lagi," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/12/2021). 

Nadia mendorong kelompok sasaran vaksinasi seperti remaja, dewasa, dan lansia untuk tidak memilih-milih merek vaksin dengan menggunakan merek vaksin selain Sinovac. 

Baca Juga: Vaksin booster Covid-19 gratis untuk dua kelompok masyarakat ini, kamu termasuk?

"Kalau remaja kan Sinovac dan Pfizer, kalau dewasa, lansia bisa AstraZeneca, Moderna, Pfizer, apalagi Pfizer stok kita banyak bisa digunakan masyarakat sesegera mungkin," ujar dia. 

Terkait Vaksin Sinopharm, Nadia mengatakan, saat ini, vaksin tersebut masih digunakan dalam program vaksinasi gotong royong. 

Ia mengatakan, vaksin tersebut tidak diperuntukkan bagi anak usia 6-11 tahun. "Ini untuk vaksinasi gotong royong ya, dan kita sampai saat ini masih menggunakan Sinovac untuk anak 6-11 tahun," ucap dia. 

Sebelumnya diberitakan, Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan, sejauh ini, anak usia 6-11 tahun menggunakan Vaksin Sinovac dalam program vaksinasi nasional. 

Baca Juga: Menkes: Klinik, swasta, rumah sakit, bisa memberikan vaksin booster

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru