kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Penjualan Mobil Sejumlah APM Selama GIIAS 2022


Sabtu, 27 Agustus 2022 / 06:30 WIB
Simak Penjualan Mobil Sejumlah APM Selama GIIAS 2022

Reporter: Dimas Andi, Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 telah resmi berakhir pada 21 Agustus 2022. Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) otomotif yang menjadi peserta GIIAS 2022 berhasil membukukan performa penjualan yang memukau.

PT Toyota Astra Motor (TAM) misalnya. Selama GIIAS 2022, APM ini mencatatkan total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 5.434 unit atau naik 20,7% dibandingkan jumlah SPK ketika mengikuti GIIAS 2021 lalu yakni sebanyak 4.502 unit.

Dari total SPK tersebut, model-model yang paling berkontribusi bagi Toyota antara lain All New Avanza sebanyak 926 unit (17%), Raize sebanyak 746 unit (13,7%), All New Veloz sebanyak 706 unit (13%), Kijang Innova sebanyak 658 unit (12,1%), dan Rush sebanyak 458 unit (8%).

Baca Juga: Inilah Mobil Paling Laris di GIIAS 2022, Hyundai Stargazer Jadi Bintang

Untuk segmen elektrifikasi, pada GIIAS 2022 Toyota menampilkan line up lengkap mulai dari Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Battery EV. Penjualan model elektrifikasi Toyota saat GIIAS 2022 mencapai 114 unit atau naik dua kali lipat dibandingkan pada GIIAS 2021 yang hanya berada di angka 56 unit.

Adapun komposisi model elektrifikasi Toyota yang terjual di GIIAS 2022 terdiri dari Corolla Cross Hybrid (61.4%), Corolla Altis Hybrid (24,5%), Corolla Camry Hybrid (6,6%), dan C-HR Hybrid (5,3%). “Ini mencerminkan penerimaan masyarakat yang semakin meningkat terhadap kendaraan era elektrifikasi,” ujar Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy kepada Kontan, Jumat (26/8).

Sementara itu, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meraih 3.619 SPK selama berkiprah di ajang GIIAS 2022. Jumlah ini meningkat dua kali lipat bila dibandingkan dengan pencapaian pabrikan asal Korea Selatan tersebut saat GIIAS tahun lalu.

Model terlaris HMID di pameran tersebut adalah Hyundai Stargazer yang memperoleh 1.585 SPK, kemudian disusul oleh Hyundai Creta sebanyak 1.191 SPK, dan Hyundai Ioniq 5 dengan total 399 SPK. Khusus Hyundai Stargazer, model ini mendapatkan penghargaan Favorite Passenger Car MPV di GIIAS 2022.

“Hal ini membuktikan kepercayaan masyarakat terhadap produk Hyundai yang dibuat di Indonesia sangat tinggi dan sangat diminati,” imbuh Makmur, Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia melalui keterangan resmi, Selasa (23/8).

Baca Juga: Multifinance Menuai Berkah dari Banyaknya Mobil Baru yang Dirilis

PT Honda Prospect Motor (HPM) juga mencetak penjualan mobil yang cukup besar yakni 1.965 unit selama GIIAS 2022 atau naik 30% dibandingkan penjualan ketika GIIAS 2021 silam. Honda Brio menjadi model Honda dengan penjualan terbesar di GIIAS tahun ini, yakni sebanyak 676 unit atau 35% dari total pemesanan yang diraih Honda.

Model lain yang banyak dipesan pelanggan selama GIIAS 2022 adalah All New Honda HRV sebesar 501 unit dan All New Honda BR-V sebesar 454 unit.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM bersyukur bahwa selama GIIAS 2022, HPM mampu mencatat hasil penjualan yang lebih tinggi dari tahun lalu. “Angka yang kami umumkan merupakan angka penjualan di booth Honda selama GIIAS 2022 dan telah memenuhi prosedur administrasi dengan booking fee,” ungkap dia, Senin (22/8).

APM asal China, Wuling Motors mampu membukukan lebih dari 1.200 SPK ketika mengikuti GIIAS 2022. Dari jumlah tersebut, model anyar Wuling Air ev mendominasi total pemesanan yakni mencapai lebih dari 550 SPK. Adapun varian Wuling Air ev yang paling diminati konsumen adalah varian Long Range. Wuling Air ev juga berhasil meraih penghargaan Favorite Car – Most Driven Car saat GIIAS 2022.

“Sekitar 2.700 konsumen sudah mencoba berkendara dengan produk Wuling dan didominasi oleh Wuling Air ev,” kata Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motors kepada Kontan, Jumat (26/8).

Untuk saat ini, Wuling masih fokus untuk memasarkan produk-produk yang ada, termasuk sosialisasi model terbarunya Wuling Air ev yang notabene baru diluncurkan secara resmi bulan Agustus ini.

Baca Juga: Toyota Astra Motor (TAM) Catatkan 5.434 SPK Kendaraan di Gelaran GIIAS 2022

Lebih lanjut, ada PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang mencatatkan pemesanan kendaraan sebanyak 1.030 unit di ajang GIIAS 2022, meningkat signifikan dibandingkan ajang yang sama pada tahun sebelumnya.

Daihatsu Sigra berkontribusi sebanyak 404 unit atau setara 39% dari total pemesanan ADM di GIIAS lalu. Kemudian disusul oleh model Xenia sebanyak 150 unit (15%), Ayla 103 unit (10%), Rocky 99 unit (10%), Terios 85 unit (8%), GranMax MB 85 unit (8%), GranMax PU 60 unit (6%), serta model lainnya seperti Sirion dan Luxio sebesar 44 unit (4%).

“Kami berharap capaian baik ini dapat terus berlangsung dan selaras dengan kenaikan pasar otomotif nasional,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Selasa (23/8).

Berikutnya, terdapat PT Kreta Indo Artha (KIA) yang sanggup menjual 947 unit mobil selama perhelatan GIIAS 2022. Penjualan tersebut didominasi oleh model KIA Carens dan KIA Sonet.

Utama Kovara, Sales Division Head Kreta Indo Artha mengatakan, jumlah penjualan tersebut sesuai dengan apa yang ditargetkan oleh perusahaan. Hal ini didukung pula oleh program-program penjualan yang menarik selama pameran berlangsung. “Kami bisa membukukan penjualan yang sesuai dengan target yang diharapkan,” jelas dia, Selasa (23/8).

Tak ketinggalan, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) berhasil mencetak pemesanan mobil sebanyak 712 unit selama GIIAS 2022. Jumlah tersebut didominasi oleh Nissan Kicks e-Power sebanyak 219 unit dan Nissan Livina sebanyak 211 unit.

Baca Juga: Kreta Indo Artha (KIA) Catatkan Penjualan 947 Unit Selama GIIAS 2022

“Pameran GIIAS berpengaruh besar terhadap penjualan Nissan,” ucap Julian Olmon, Head of Marketing Communication NMDI, Jumat (26/8).

Meski tidak dijelaskan secara rinci, Julian bilang bahwa ke depannya NMDI akan memperkenalkan Nissan Kicks e-Power dan Nissan Leaf dengan beberapa perubahan. Hal ini diharapkan dapat memuaskan pelanggan dan meningkatkan penjualan produk tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×