Silakan cek syarat dan tahapan seleksi CPNS 2021

Rabu, 03 Maret 2021 | 10:37 WIB Sumber: Kompas TV
Silakan cek syarat dan tahapan seleksi CPNS 2021

ILUSTRASI. Pemerintah akan segera membuka pendaftaran untuk 1,3 juta calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada April mendatang. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah baru saja mengumumkan akan segera membuka pendaftaran untuk 1,3 juta calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada April mendatang. Sedangkan pengumuman formasi yang dibutuhkan akan dilakukan bulan ini.

Dari total kebutuhan 1,3 juta Aparatur Sipil Negara (ASN), sekitar 1 juta lowongan akan dibuka untuk kebutuhan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Lalu sisanya sebanyak 189.000 dibuka untuk kebutuhan CPNS dan PPPK di pemerintah daerah.

Dari jumlah lowongan di luar guru tersebut terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru, dan 119.000 CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan, termasuk tenaga kesehatan.

Adapun di pemerintah pusat akan dibuka sebanyak 83.000 lowongan untuk CPNS dan PPPK. Proses pendaftaran CPNS akan dilakukan pada April-Mei 2021, lalu proses seleksi dimulai pada Juni 2021.

Baca Juga: Pemerintah buka lowongan 1 juta guru honorer jadi PPPK

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyatakan, kebutuhan guru untuk sekolah negeri memang banyak.

"Program ini adalah untuk menyelesaikan kekurangan tenaga guru yang selama ini diisi oleh tenaga honorer. Yang dapat mengikuti program ini adalah mereka yang terdaftar dalam data pokok pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kaya Tjahjo seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (02/03/2021).

Baca Juga: LAN terbitkan aturan baru, ini rincian biaya latsar CPNS

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru