kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Serangan terbesar, 28 pesawat tempur China terbang di zona pertahanan Taiwan


Rabu, 16 Juni 2021 / 01:15 WIB
Serangan terbesar, 28 pesawat tempur China terbang di zona pertahanan Taiwan

Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Dua puluh delapan pesawat Angkatan Udara China, termasuk pesawat tempur dan pembom berkemampuan nuklir, memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan pada Selasa (15 Juni). 

Menurut Pemerintah Taiwan, itu merupakan serangan terbesar hingga saat ini.

Meskipun tidak ada komentar langsung dari Beijing, berita itu muncul setelah para pemimpin Kelompok Tujuh (G7) mengeluarkan pernyataan bersama pada Minggu (13/6) yang "memarahi" China atas serangkaian masalah.

Dan, G7 menggarisbawahi pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, yang mendapat kecaman China dengan menyebutnya sebagai "fitnah".

Taiwan telah mengeluh selama beberapa bulan terakhir tentang misi berulang oleh Angkatan Udara China di dekat wilayah mereka, yang terkonsentrasi di bagian Barat Daya zona pertahanan udaranya di dekat Kepulauan Pratas yang Taipe kuasai.

Baca Juga: Dapat dukungan G7, Taiwan: Kami dengan tegas mempertahankan sistem demokrasi

Misi China terbaru melibatkan 14 jet tempur J-16 dan enam jet tempur J-11 serta empat pembom H-6 juga pesawat peringatan dini, Kementerian Pertahanan Taiwan mengungkapkan, seperti dikutip Reuters.

Pembom H-6 bisa membawa senjata nuklir,  anti-kapal selam, juga peperangan elektronik

Itu adalah serangan harian terbesar sejak Kementerian Pertahanan Taiwan mulai secara teratur melaporkan kegiatan Angkatan Udara China di ADIZ Taiwan tahun lalu, memecahkan rekor sebelumnya dari 25 pesawat pada 12 April.

Kementerian Pertahanan Taiwan menambahkan, pesawat tempur Taiwan dikirim untuk mencegat dan memperingatkan pesawat militer China, sementara sistem rudal juga dikerahkan untuk memantau mereka.

Pesawat China tidak hanya terbang di daerah yang dekat dengan Kepulauan Pratas, tetapi para pembom dan beberapa pesawat tempur terbang di sekitar bagian Selatan Taiwan dekat dengan ujung bawah pulau itu, menurut Kementerian Pertahanan Taiwan.

Kementerian Pertahanan China tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Selanjutnya: China: Kunjungan senator AS ke Taiwan adalah provokasi politik yang sangat keji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×