kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sekitar 10.000 personel keamanan dikerahkan untuk melindungi Paus Fransiskus di Irak


Jumat, 05 Maret 2021 / 17:00 WIB
Sekitar 10.000 personel keamanan dikerahkan untuk melindungi Paus Fransiskus di Irak

Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - ROMA. Irak mengerahkan ribuan personel keamanan tambahan untuk melindungi Paus Fransiskus selama kunjungan empat harinya, yang terjadi setelah serentetan serangan roket dan bom bunuh diri menimbulkan kekhawatiran akan keselamatan pemimpin Katolik itu. 

Rencana keamanan mengatakan bahwa pasukan yang terlibat telah dilatih untuk menghadapi skenario terburuk, dari pertempuran jalanan hingga pemboman dan serangan roket.

Latihan skala besar termasuk ancaman hipotetis di antara persiapan kunjungan 5-8 Maret, yang pertama kali dilakukan oleh seorang paus ke Irak. Selain kekhawatiran akan kekerasan, negara itu telah melihat lonjakan kasus COVID-19, yang semakin mempersulit persiapan.

Pria berusia 84 tahun itu akan mengunjungi empat kota, termasuk bekas kubu ISIS di Mosul, di mana gereja dan bangunan lain masih menanggung bekas konflik. Fransiskus juga akan mengunjungi Ur, tempat kelahiran Nabi Ibrahim yang dihormati oleh umat Kristen, Muslim dan Yahudi, dan bertemu dengan ulama Syiah Irak, Ayatollah Ali Al-Sistani yang berusia 90 tahun.

Pasukan khusus Kementerian Dalam Negeri dan tentara akan mengatur penjagaan keamanan di sekitar paus kemanapun dia pergi, sementara angkatan udara akan mengoperasikan drone sepanjang waktu untuk memantau rute yang akan diambilnya. Akan ada tim bahan peledak dan personel kontraterorisme bersiaga jika ada perangkat yang mencurigakan atau pertempuran jalanan.

Petugas intelijen dan keamanan nasional yang menyamar juga akan dikerahkan pada pertemuan yang dihadiri oleh paus. Tim teknis juga dapat menghentikan atau memutus panggilan telepon atau komunikasi radio yang mencurigakan, tambahnya.

Baca Juga: Irak memulai vaksinasi Covid-19 menjelang kunjungan tiga hari Paus Fransiskus

Sekitar 10.000 personel keamanan akan dikerahkan untuk melindungi Francis, yang mungkin melakukan perjalanan dengan mobil lapis baja yang akan menyimpang dari norma baginya.

Paus Fransiskus mengatakan dalam pesan video pada hari Kamis bahwa dia ingin dilihat oleh orang-orang Irak sebagai "peziarah yang bertobat" yang meminta Tuhan untuk "pengampunan dan rekonsiliasi setelah bertahun-tahun perang dan terorisme," dan untuk "penghiburan hati dan penyembuhan luka. "

Dia menambahkan: “Saya datang di antara kamu seperti peziarah perdamaian dan saya ulangi, Anda semua adalah saudara. Saya datang sebagai peziarah perdamaian untuk mencari persaudaraan yang digerakkan oleh keinginan untuk berdoa bersama dan berjalan bersama, juga dengan saudara dan saudari dari tradisi agama lain. ”

Medali perunggu khusus telah dicetak oleh Vatikan untuk merayakan kunjungan paus. Sumber Vatikan mengatakan kepada Arab News bahwa medali itu akan menjadi salah satu hadiah yang akan diberikan paus kepada perwakilan Irak.

Medali tersebut dirancang oleh seniman dari Ufficio Filatelico e Numismatico. Di bagian bawah medali, terdapat tulisan tanggal kunjungan apostolik (5-8 Maret) dalam bahasa Latin, bahasa resmi Vatikan. Di bagian atasnya, medalinya bertuliskan "Visit Iraquiam", bahasa Latin untuk "Kunjungan ke Irak".

Selanjutnya: Respons Paus Fransiskus saat para uskup AS kritik Biden beberapa jam usai dilantik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×