kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah APM Gencar Jualan Mobil Listrik Selasa GIIAS 2023, Bagaimana Hasilnya?


Rabu, 23 Agustus 2023 / 09:05 WIB
Sejumlah APM Gencar Jualan Mobil Listrik Selasa GIIAS 2023, Bagaimana Hasilnya?

Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah agen pemegang merek (APM) otomotif cukup gencar menjual mobil listrik selama perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Salah satu APM, yakni PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengumumkan bahwa selama GIIAS 2023 berlangsung, mereka berhasil memperoleh 776 surat pemesanan kendaraan (SPK) Hyundai Ioniq 5. Secara keseluruhan, Hyundai meraih 3.727 SPK pada pameran otomotif tersebut.

WooJune Cha, President Director Hyundai Motors Indonesia mengapresiasi antusiasme pengunjung GIIAS 2023 untuk Hyundai. Ini menunjukkan kepercayaan dan minat tinggi masyarakat terhadap produk Hyundai di Indonesia.

"Hal ini pun menjadi motivasi lebih bagi kami untuk terus memperkuat posisi Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia dengan menghadirkan lebih banyak kendaraan inovatif yang dibutuhkan oleh masyarakat ke depannya," ujar dia dalam keterangan resmi, Selasa (22/8).

Baca Juga: Hyundai Raih 3.727 SPK Pada Perhelatan GIIAS 2023

Sayangnya, Hyundai tidak menyebut realisasi pemesanan model mobil listrik barunya yaitu Ioniq 6 yang dibanderol Rp 1,19 miliar. Berbeda dengan Ioniq 5 yang sudah diproduksi di dalam negeri, status Ioniq 6 adalah impor utuh atau completely built up (CBU) dari Korea Selatan.

Mobil listrik Wuling Air ev juga laris manis selama GIIAS 2023. Air ev mampu berkontribusi 50% dari total SPK Wuling Motors pada ajang tersebut yang mencapai 1.771 SPK. Dari persentase tersebut, varian Air ev Long Range menjadi yang paling banyak dipesan pengunjung. Adapun varian anyar Air ev Lite berhasil menyumbang 143 SPK.

Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors mengatakan, keikutsertaan Wuling dalam GIIAS 2023 kali ini berjalan dengan baik dan mencatatkan pencapaian yang baik.

“Pencapaian yang diraih Wuling ini menunjukkan pertumbuhan yang positif dibandingkan tahun lalu,” kata dia, kemarin (21/8).

Sementara itu, MG Motor Indonesia mencatatkan lebih dari 509 SPK hingga berakhirnya GIIAS 2023. Mobil listrik MG4 EV berkontribusi 24% dari keseluruhan SPK yang didapat MG pada ajang tersebut.

MG sendiri sempat memperkenalkan model baru yakni MG ZS EV pada pembukaan GIIAS 2023. Meski belum memiliki harga resmi, pihak MG menyebut telah mendapat 256 reservasi untuk MG ZS EV. Angka tersebut dianggap melebihi harapan MG sekaligus mengindikasikan respons yang sangat positif dari pasar otomotif Tanah Air terhadap adopsi mobil listrik.

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia optimistis bahwa minat masyarakat yang besar terhadap mobil listrik akan berlanjut. Hal ini seiring dengan evolusi kesadaran akan pentingnya mobilitas yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia.

Baca Juga: Astra Honda Motor (AHM) Kantongi Penjualan 1.251 Unit Sepeda Motor pada GIIAS 2023

“Pencapaian ini juga memvalidasi keberhasilan MG dalam mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan serta aspirasi konsumen Indonesia melalui seluruh lini produk kami,” ungkap Arief, Selasa (22/8).

PT Kreta Indo Artha (KIA) menyebut bahwa selama GIIAS 2023 berlangsung terdapat hampir 50 SPK yang diperoleh untuk dua model mobil listriknya yakni KIA EV6 GT-Line dan KIA EV9 GT-Line. Khusus untuk EV9 GT-Line, model tersebut baru saja diperkenalkan KIA di pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia, pada GIIAS tahun ini.



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×