Sejarah Warren Buffett dengan Komoditas Perak

Selasa, 30 Agustus 2022 | 10:45 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Sejarah Warren Buffett dengan Komoditas Perak


KONTAN.CO.ID - Miliarder dunia Warren Buffett lebih memilih perak untuk berinvestasi dibanding emas. Rupanya, dia memiliki alasan tersendiri mengapa dirinya memilih untuk menginvestasikan dananya di komoditas perak.

Mengutip gurufocus.com, untuk memahami mengapa Warren Buffett berusaha keras untuk berinvestasi dalam perak, kita perlu melihat sedikit lebih jauh ke masa lalu. 

Pada akhir 1970-an, Hunt bersaudara (putra taipan minyak Haroldson Lafayette Hunt Jr.) melakukan upaya yang gagal untuk menyudutkan pasar perak. Yaitu, dengan membeli cukup banyak perak sehingga mereka dapat mengendalikan harga komoditas.

Pada puncaknya, ketiga bersaudara itu diperkirakan memiliki sekitar sepertiga dari perak yang diperdagangkan secara publik di dunia, dan mendorong harga perak dari sekitar US$ 6 per troy ounce pada 1979 menjadi sekitar US$ 49 per troy ounce setahun kemudian. 

Pada akhirnya, regulator turun tangan untuk mencegah skema itu membuahkan hasil, dan Hunt bersaudara terpaksa menyatakan kebangkrutan.

Akibat bersih dari manipulasi pasar ini adalah merusak kredibilitas perak sebagai investasi dan penyimpan nilai. Hal ini berkontribusi pada penurunan harga perak selama tahun 1980-an dan 1990-an. 

Baca Juga: Warren Buffett Beberkan Alasan Mengapa Dirinya Tak Suka Obligasi

Akan tetapi, ini bukan satu-satunya alasan mengapa Warren Buffett terjun ke pasar perak. 

Ketika Berkshire Hathaway mulai membeli perak pada tahun 1997, alasannya hanya didasarkan pada aspek penawaran dan permintaan pasar.

Pada pertemuan pemegang saham tahunan 1998, Warren Buffett mengatakan bahwa dia percaya permintaan industri agregat untuk perak berjalan pada tingkat yang jauh lebih rendah daripada pasokan yang tersedia pada saat itu. 

Karena perak pada saat itu sebagian besar diproduksi sebagai produk sampingan dari penambangan logam lain, pasokannya jauh lebih tidak responsif terhadap perubahan harga dibandingkan komoditas lain.

Jika Anda seorang penambang emas yang kebetulan juga memproduksi beberapa perak, Anda tidak akan meningkatkan ekstraksi hanya untuk memenuhi permintaan perak yang meningkat. 

Warren Buffett meramalkan bahwa ketidakseimbangan ini tidak dapat berlanjut tanpa batas.

Berkshire membukukan keuntungan US$ 97 juta pada tahun 1997 sebagai hasil investasi ke perak. Sehingga, cukup aman untuk mengatakan bahwa perdagangan khusus ini ternyata cukup baik untuk Warren Buffett dan Charlie Munger - dan yang dibutuhkan hanyalah beberapa aritmatika yang cukup sederhana.

Baca Juga: Alasan Warren Buffett Jatuh Cinta dengan Perusahaan Asuransi

Pilih perak ketimbang emas 

Melansir Investopedia, Warren Buffett sangat vokal tentang kritiknya terhadap emas sebagai investasi. Dia melihat sedikit atau tidak ada nilai di dalam emas. Apa yang disebut Warren Buffett sebagai kurangnya nilai dihasilkan dari kurangnya kegunaan emas. 

Dia pernah menyatakan pendapatnya tentang emas: 

"Itu (emas) tidak melakukan apa-apa selain duduk di sana dan melihatmu." 

Salah satu prinsip dasar investasi Warren Buffett adalah bahwa seseorang hanya boleh berinvestasi dalam hal-hal yang berguna dan yang memiliki tujuan tertentu dan yang menyediakan beberapa kebutuhan praktis yang dimiliki orang.  

Perak memiliki segudang kegunaan industri dan medis. Dalam pengobatan, perak digunakan dalam perban, kateter, dan sebagai agen penyembuhan untuk luka bakar dan kondisi kesehatan lainnya. Perak juga digunakan untuk pemurnian air. 

Dalam elektronik, perak adalah konduktor listrik logam terbaik dan tidak menimbulkan korosi, sehingga digunakan secara luas di bagian kabel dan penghubung, komputer, ponsel, dan kamera. Bahkan digunakan untuk melapisi DVD karena tahan gores. 

Baca Juga: Warren Buffett Sangat Mencintai Bisnis Asuransi, Mengapa?

Oleh karena itu, perak memenuhi persyaratan Warren Buffett untuk memiliki nilai yang nyata dan dapat diidentifikasi. Bahkan lebih baik, dari sudut pandang investor, perak hampir secara unik cocok untuk sejumlah kegunaan yang berfungsi sebagai logam industri dan akan sulit diganti dengan bahan pengganti apa pun. 

Emas tidak memenuhi persyaratan kegunaan Warren Buffett. Meskipun memiliki beberapa aplikasi industri, itu hampir tidak tergantikan seperti yang sering terjadi pada perak.  

Emas bisa dijadikan perhiasan cantik, tetapi pada umumnya tanpa kegunaan praktis. Menurut pendapat Warren Buffett, karena hampir tidak memiliki nilai bawaan, itu bukan aset keuangan yang baik. 

Komoditas logam yang berkilauan bagi Warren Buffett adalah perak, bukan emas.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru