CLOSE [X]

Scan PeduliLindungi Tanpa Koneksi Internet, Begini Caranya

Senin, 24 Januari 2022 | 04:39 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Scan PeduliLindungi Tanpa Koneksi Internet, Begini Caranya

ILUSTRASI. Saat ini PeduliLindungi dapat digunakan di tempat umum meski tak terhubung dengan internet. KONTAN/Fransiskus Simbolon


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah kamu sudah tahu, saat ini PeduliLindungi dapat digunakan di tempat umum meski tak terhubung dengan internet. Jika penasaran, silakan simak informasi berikut. 

Mengutip laman indonesia.go.id, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menambahkan fitur terbaru pada aplikasi PeduliLindungi. Namanya offline check in. Fitur ini memungkinkan pengguna aplikasi melakukan scanning barcode dalam kondisi telepon seluler tidak terhubung dengan internet. 

Bagaimana caranya? Disebutkan bahwa fitur offline check in baru dapat dipakai oleh pengguna PeduliLindungi setelah melakukan pembaruan (upgrade) aplikasi. Kegiatan ini selalu dilakukan secara berkala oleh Kemkominfo.

Melalui pemakaian fitur terbaru tersebut, saat ini untuk check in dengan PeduliLindungi di ruang publik, gedung perkantoran, atau di mana saja akan semakin mudah. "Segera lakukan upgrade aplikasi PeduliLindungi untuk bisa menggunakan fitur ini," tulis akun @Kemenkominfo.

Baca Juga: Lewat PeduliLindungi, Simak Cara-cara Daftar Vaksinasi Booster

Fitur check in pada PeduliLindungi menjadi alat paling ampuh bagi pemerintah dalam melakukan pengawasan dan pengecekan terhadap masyarakat saat bepergian ke tempat-tempat umum. Masyarakat diwajibkan untuk menyiapkan gawainya memindai QR Code yang telah disiapkan Kemenkominfo di hampir setiap fasilitas publik. Yaitu mulai dari mal, rumah sakit, taman kota, minimarket, hingga tempat-tempat umum lainnya.

Fitur ini memudahkan pengelola untuk mengetahui status vaksinasi Covid-19 masyarakat yang mengunjungi tempat-tempat tersebut di atas. Selain itu, bagi pemerintah aplikasi ini dapat dijadikan alat penelusuran (tracing) digital dari potensi penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Jutaan Orang Sudah Disuntik, Ini KIPI Vaksin Covid-19 Booster di Indonesia

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru