kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Robert Kiyosaki Bilang Pengusaha Hebat Harus Miliki 6 SIfat Ini


Senin, 27 Februari 2023 / 12:12 WIB
Robert Kiyosaki Bilang Pengusaha Hebat Harus Miliki 6 SIfat Ini
ILUSTRASI. Inilah kualitas terbaik yang menurut Robert Kiyosaki harus dimiliki setiap pengusaha hebat.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Bagi penulis buku Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki, bagian tersulit dalam menjadi pengusaha dan memulai bisnis adalah berurusan dengan apa yang akan dikatakan atau dipikirkan oleh teman, keluarga, dan rekan kerja tentang dirinya. 

"Saya masih ingat memberi tahu beberapa orang di kantor bahwa saya harus segera berhenti dari pekerjaan saya di Xerox dan menjalankan bisnis dompet peselancar penuh waktu. 'Kamu gila!', 'Kamu akan gagal', demikian kata salah satu penjual yang lebih senior kepada saya," jelas Kiyosaki seperti yang dikutip dari blog resminya Richdad.com.

Dari pendapatnya itu, Kiyosaki akhirnya menyadari bahwa dia sedang berbicara dengan orang-orang yang akan menariknya ke bawah daripada mendorongnya untuk sukses.

Setelah bertahun-tahun bekerja dengan pemilik bisnis dan menjadi pengusaha, inilah kualitas terbaik yang menurut Kiyosaki harus dimiliki setiap pengusaha hebat:

1. Anda suka menjual

Jika Anda tidak bisa menjual, Anda tidak bisa menjadi pengusaha.

Semua ini untuk mengatakan bahwa pengusaha memiliki pola pikir yang berbeda dari kebanyakan orang, itulah sebabnya mereka berhasil. 

"Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, saya sarankan untuk mempelajari keterampilan kewirausahaan yang sama yang diajarkan Rich Dad saya dan yang saya asah di Xerox," jelasnya.

Informasi saja, Kiyosaki sebelumnya pernah bekerja di Xerox.

Baca Juga: Robert Kiyosaki: Rich Dad Berpesan Bekerja Keras dan Menabung Tak Akan Bikin Kaya

2. Anda tidak takut menghadapi rasa takut dalam diri

Jika Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri, Anda harus mampu mengatasi banyak ketakutan. Dan untuk mendapatkan daya tarik, Anda harus dapat mengomunikasikan mengapa hal-hal yang Anda lakukan membawa nilai, baik secara cepat maupun ahli. 

Ini berlaku untuk calon pelanggan, investor, mitra, karyawan, dan banyak lagi. Mengatasi rasa takut sangat penting untuk sukses.

3. Anda mahir berbicara di depan umum

Lebih dari segalanya, kepemimpinan bisnis melibatkan menjadi pembicara dan presenter yang hebat. Jika Anda bisa belajar presentasi dengan baik di depan banyak orang, Anda bisa meningkatkan arus kas, operasi, dan modal Anda. 

"Jika Anda tidak bisa, bisnis Anda tidak akan tumbuh… dan mungkin akan gagal. Tidak ada yang mempersiapkan Anda lebih baik untuk ini selain berbicara secara konsisten di depan sekelompok orang," tegasnya.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Balas Charlie Munger Soal Larangan Investasi Bitcoin



TERBARU

×