kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ramai Dibahas Soal Mobilisasi Parsial Rusia, Ini Pengertiannya


Kamis, 22 September 2022 / 11:44 WIB
Ramai Dibahas Soal Mobilisasi Parsial Rusia, Ini Pengertiannya
ILUSTRASI. Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi parsial pada hari Rabu (21/9/2022). Sputnik/Pavel Bednyakov/Pool via REUTERS

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi parsial pada hari Rabu (21/9/2022). Mobilisasi parsial ini akan membuat 300.000 tentara cadangan Rusia dipanggil dalam eskalasi signifikan perang Rusia di Ukraina.

Dalam pidatonya, Putin berbicara dalam bahasa Rusia. Kutipan di bawah ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Reuters.

"Dalam situasi seperti itu, saya menganggap perlu untuk membuat keputusan berikut, yang sepenuhnya sesuai dengan ancaman yang kita hadapi. Yaitu, untuk melindungi tanah air kita, kedaulatan dan integritas teritorialnya, dan untuk memastikan keselamatan negara dan rakyat kita di wilayah yang dibebaskan, saya menganggap perlu untuk mendukung proposal kementerian pertahanan dan Staf Umum untuk melakukan mobilisasi parsial di federasi Rusia.

Kita berbicara tentang mobilisasi parsial. Artinya, hanya warga negara yang saat ini berada di cadangan dan, di atas segalanya, mereka yang pernah bertugas di angkatan bersenjata, memiliki keterampilan militer dan pengalaman yang relevan. Hanya mereka yang akan dikenakan wajib militer.

Hari ini angkatan bersenjata kami beroperasi melintasi garis depan yang melebihi 1.000 km, menentang tidak hanya formasi neo-Nazi tetapi seluruh mesin militer kolektif Barat.

NATO sedang melakukan pengintaian di selatan Rusia. Washington, London dan Brussel secara langsung mendorong Kyiv untuk memindahkan aksi militer ke negara kita. Mereka secara terbuka mengatakan bahwa Rusia harus dikalahkan di medan perang dengan cara apapun.

Pemerasan nuklir juga telah digunakan. Kita berbicara tidak hanya tentang penembakan pembangkit nuklir Zaporizhzhia - yang didorong oleh Barat - yang mengancam akan menyebabkan bencana nuklir, tetapi juga tentang pernyataan dari perwakilan senior negara-negara NATO tentang kemungkinan dan izinnya. penggunaan senjata pemusnah massal melawan Rusia: senjata nuklir.

Saya ingin mengingatkan mereka yang membuat pernyataan seperti itu tentang Rusia bahwa negara kita juga memiliki berbagai alat penghancur, dan dalam beberapa kasus mereka lebih modern daripada negara-negara NATO. Ketika integritas teritorial negara kita terancam, kita, tentu saja, akan menggunakan semua cara yang kita miliki untuk melindungi Rusia dan rakyat kami."

Baca Juga: Vladimir Putin Bakal Kirim 300.000 Tentara Cadangan untuk Bertempur di Ukraina

Pengertian mobilisasi

Melansir Moscow Times, hukum di Rusia mengizinkan mobilisasi jika terjadi agresi asing atau serangan terhadap Rusia. Ini berkaitan tentang mempersiapkan ekonomi Rusia dan Angkatan Bersenjata untuk perang. Secara khusus, itu berarti memanggil cadangan militer Rusia.

Ini adalah pertama kalinya Rusia melakukan mobilisasi sejak invasi Nazi ke Uni Soviet pada 1941.

Karena Rusia selalu menggambarkan invasinya ke Ukraina sebagai “operasi militer khusus”, hingga saat ini Kremlin belum memperkenalkan tindakan apa pun yang secara tradisional terkait dengan masa perang. Tapi pengumuman hari Rabu mengubah itu.



TERBARU

×