kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rahasia Sukses Warren Buffett: Bergaul dengan Orang yang Lebih Baik dari Anda


Minggu, 12 Maret 2023 / 05:00 WIB
Rahasia Sukses Warren Buffett: Bergaul dengan Orang yang Lebih Baik dari Anda

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Nasehat Warren Buffett kerap diteladani banyak orang. Pasalnya, Buffett merupakan investor sukses dan tidak pelit berbagi ilmu. 

Dalam satu acara pertemuan, misalnya, Buffett kerap menjawab pertanyaan apa saja yang diajukan kepadanya. 

Melansir Inc.com, salah satu contohnya adalah pada acara rapat pemegang saham tahunan di Omaha yang digelar 1 Mei 2004 silam, di mana ada 20.000 orang yang hadir. 

Seorang remaja berusia 14 tahun dari California, Justin Fong, mengajukan pertanyaan non-investasi yang mendapat tanggapan luar biasa dari miliarder Buffett.

Pertanyaannya adalah nasihat apa yang akan diberikan Buffett kepada orang muda seperti Fong tentang cara menjadi orang sukses.

Jawaban Buffett mungkin ditujukan untuk seorang remaja. Akan tetapi, jika diamati lebih dekat, jawabannya itu bermanfaat bagi semua orang di segala usia. Terutama yang berkaitan dengan pengembangan bisnis dan karier. 

Baca Juga: Warren Buffett: Pasar Bullish seperti Seks, Rasanya Enak sebelum Akhirnya Berakhir

Lantas, apa jawaban dari Buffett?

Buffett berkata:

"Lebih baik bergaul dengan orang yang lebih baik dari Anda, pilih rekan yang perilakunya lebih baik dari Anda dan Anda akan terhanyut ke arah itu."

Kemudian, Charlie Munger, mitra lama Buffett dan wakil ketua Berkshire Hathaway, menambahkan jawabannya.

"Jika ini memberi Anda sedikit ketidakpopuleran sementara dengan kelompok sebaya Anda, persetan dengan mereka," jelas Munger.

Buffett tidak hanya menyuruh seorang remaja untuk menjauh dari pengganggu atau anak yang merokok ganja di belakang sekolah. 

Dia mengajarkan pelajaran hidup bagi kita semua tentang bagaimana seseorang harus menyerap kualitas dan sifat orang-orang sukses lebih jauh dari Anda. Mereka adalah orang-orang yang telah menunjukkan keterampilan dan karakter yang akan mengangkat kita dan menjadikan kita lebih baik sebagai pemimpin, pekerja, dan seorang manusia.

Menurut Buffett, untuk menumbuhkan pengaruh Anda sebagai seorang pemimpin, pemilik bisnis, atau profesional sehingga orang lain akan tertarik pada lingkaran dalam Anda, ada empat hal yang harus Anda cari pada orang yang lebih baik dari Anda, sehingga Anda dapat "bergerak ke arah itu".

Baca Juga: Bukan Kecerdasan, Ini Sifat yang Harus Dimiliki Pekerja Menurut Warren Buffett



TERBARU

×