kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiga Kebijaksanaan yang Dibagikan Warren Buffett di Surat Pemegang Saham Terbaru


Jumat, 10 Maret 2023 / 12:12 WIB
Tiga Kebijaksanaan yang Dibagikan Warren Buffett di Surat Pemegang Saham Terbaru
ILUSTRASI. Warren Buffett kerap membagikan beberapa pelajaran investasi yang unik dan seringkali tidak lekang oleh waktu. REUTERS/Rick Wilking

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett kerap membagikan beberapa pelajaran investasi yang unik dan seringkali tidak lekang oleh waktu. 

Buffett memiliki karir investasi paling mengesankan dalam sejarah modern, dan Anda dapat belajar banyak tentang gaya investasinya secara gratis. Salah satunya lewat suratnya kepada pemegang saham yang dia tulis secara rutin setiap tahun. 

Melansir Dailymail.co.uk, dalam surat tahunannya kepada pemegang saham Berkshire Hathaway yang terkenal, Buffett, 92 tahun, memperingatkan bahwa defisit fiskal yang besar dan mengakar memiliki konsekuensi.

Buffett juga memprediksi bahwa kepanikan finansial atau resesi dunia yang parah akan segera terjadi. Namun, dia berjanji untuk melindungi investornya.

Kekhawatiran akan resesi yang dipicu oleh tingkat inflasi yang terus-menerus tinggi mencapai puncaknya pada hari Jumat menyusul berita bahwa ukuran inflasi Bank Sentral AS alias The Fed naik sebesar 0,7% sepanjang tahun ini. Kondisi itu menyebabkan Wall Street mengalami minggu terburuknya di tahun 2023.

Baca Juga: Warren Buffett: Bergaul dengan Orang yang Lebih Baik dari Anda

Buffett juga memperingatkan masa ekonomi sulit yang akan datang dalam waktu dekat.

Selain berisi tentang prediksi ekonomi ke depan, ada pula pelajaran berharga yang diberikan Warren Buffett.

Mengutip The Motley Fool, dalam surat tahun 2023 ini, adalah tiga kebijaksanaan yang ingin dibagikan oleh Oracle of Omaha tersebut. Apa saja?

1. Pasar saham tidak efisien, jadi gunakanlah untuk keuntungan Anda

Berkshire Hathaway memiliki lebih dari 60 bisnis anak perusahaan dan memiliki portofolio saham senilai sekitar US$ 325 miliar. Dan sementara Buffett dan timnya telah melakukan beberapa akuisisi yang berarti dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar modal investasi perusahaan telah masuk ke saham yang diperdagangkan secara publik.

Semua hal dianggap sama, Buffett lebih memilih untuk memiliki seluruh bisnis. Tetapi untuk mengakuisisi seluruh bisnis biasanya melibatkan pembayaran premi yang lumayan.

Di sisi lain, relatif mudah untuk membeli saham perusahaan publik dengan harga yang menguntungkan, terutama jika Anda bersedia menunggu kesalahan harga di pasar saham. Seperti yang dikatakan Buffett dalam suratnya: 

"Penting untuk dipahami bahwa saham sering diperdagangkan dengan harga yang benar-benar bodoh, baik tinggi maupun rendah. Pasar 'efisien' hanya ada di buku teks."

Baca Juga: Warren Buffett: Pasar Bullish seperti Seks, Rasanya Enak sebelum Akhirnya Berakhir



TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

×