kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,95   3,20   0.36%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan siapkan uang tunai buat Nataru tahun ini lebih sedikit


Jumat, 18 Desember 2020 / 08:05 WIB
Perbankan siapkan uang tunai buat Nataru tahun ini lebih sedikit

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, sejumlah perbankan telah menyiapkan triliunan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Namun, sejumlah bank besar yang dihubungi Kontan.co.id mengklaim jumlah uang tunai yang disiapkan tahun ini sedikit menurun.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) misalnya yang mengatakan tahun ini pihaknya hanya menyiapkan uang tunai sebesar Rp 14,5 triliun. Direktur Bank BNI Ronny Venir menjelaskan, bila dibandingkan dengan libur Nataru tahun 2019, jumlah uang tunai tersebut turun sekitar Rp 2 triliun.

Menurutnya, penurunan itu salah satunya disebabkan adanya perubahan transaksi nasabah di masa pandemi Covid-19 yang beralih ke transaksi non tunai atau e-channel. "Penurunan ini karena adanya tren shifting transaksi nasabah," ujarnya, Kamis (17/12).

Dia juga menjelaskan, dari total dana tunai sebesar Rp 14,5 triliun sekitar Rp 8,6 triliun bakal dialokasikan untuk kebutuhan pengisian di mesin ATM atau CRM perseroan yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Secara geografis sebesar Rp 2,5 triliun atau 17% dari total uang tunai dialokasikan untuk kebutuhan uang tunai nasabah di Jabodetabek," sambungnya.

Baca Juga: Kredit perbankan kian melambat, terkontraksi 1,39% per November 2020

Adapun, persiapan uang tunai Rp 14,5 triliun itu dinilai perseroan cukup untuk memenuhi kebutuhan nasabah Bank BNI selama satu minggu pada akhir tahun 2020 hingga 3 Januari 2021 mendatang.

Bukan uang tunai saja yang disiapkan, untuk mengantisipasi momen Nataru, BNI juga tetap memberikan pelayanan operasional secara terbatas. Terkhusus untuk PT Pertamina pada tanggal 24-25 Desember 2020 di 24 outlet yang ditetapkan perseroan.

Sementara untuk tanggal 31 Desember 2020, Bank BNI juga tetap membuka operasional kantor cabang secara terbatas. Tentunya untuk memenuhi kebutuhan nasabah di akhir tahun.

Adapun, untuk seluruh layanan e-channel perseroan seperti ATM dipastikan tetap beroperasi secara maksimal. Termasuk layanan nasabah secara digital.

Begitu juga dengan PT Bank Mandiri Tbk, salah satu bank terbesar di Indonesia ini menyebut telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 15,1 triliun. Alokasi tersebut pun turun 8,2% dari periode setahun lalu atau year on year (yoy).

Utamanya disebabkan oleh dampak pandemi yang diperkirakan bakal mengurangi belanja masyarakat pada periode Nataru.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, alokasi uang tunai tersebut sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan penarikan tunai masyarakat di mesin-mesin Mandiri ATM.



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×