Penjelasan mengapa penerbangan Garuda Indonesia bakal langka di 2022

Kamis, 11 November 2021 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Penjelasan mengapa penerbangan Garuda Indonesia bakal langka di 2022

ILUSTRASI. Penerbangan Garuda Indonesia akan semakin langka pada tahun depan. ANTARA FOTO/Ampelsa


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Ini informasi penting bagi pelanggan Garuda Indonesia. Melansir Kompas.com, penerbangan Garuda Indonesia akan semakin langka pada tahun  depan. 

Sebab maskapai pelat merah itu akan memangkas rute penerbangan dan jumlah pesawat secara signifikan sebagai upaya untuk menyehatkan kembali kondisi keuangan perusahaan. 

Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, maskapai pelat merah itu akan secara masif fokus pada rute-rute penerbangan domestik, sedangkan rute-rute penerbangan internasional dikurangi signifikan. 

"Untuk internasional itu hanya beberapa yang dibuka dan itu pun sebagian besar karena adanya volume kargo yang baik. Jadi kita tidak lagi mempunyai rute-rute seperti Amsterdam, London, Korea Selatan, dan sebagainya, itu di-shutdown," ungkapnya dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI, Selasa (9/11/2021). 

Baca Juga: Wamen BUMN sebut Garuda Indonesia bangkrut, ini alasannya

Berdasarkan rencana bisnis ke depan, Garuda Indonesia hanya akan memiliki 140 rute penerbangan di 2022, atau berkurang 97 rute penerbangan dibandingkan 2019 yang memiliki 237 rute penerbangan. 

Seiring dengan semakin berkurangnya rute penerbangan, perseroan pun memangkas jumlah pesawatnya. 

Pada 2022, Garuda Indonesia hanya akan mengoperasikan 134 pesawat, atau berkurang 68 pesawat dibandingkan 2019. Selain itu, jenis pesawat Garuda Indonesia juga akan dikurangi dari 13 menjadi hanya 7. 

Sebab, banyaknya jenis pesawat yang digunakan malah menambah beban keuangan perusahaan karena kompleksnya perawatan yang harus dilakukan. 

Baca Juga: Rapat dengan Sri Mulyani, Anggota DPR Misbakhun: Garuda ini mau kita apakan?

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru