kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penggunaan darurat vaksin Pfizer-BioNTech dapat dimulai sebelum Natal


Kamis, 19 November 2020 / 16:05 WIB
Penggunaan darurat vaksin Pfizer-BioNTech dapat dimulai sebelum Natal
ILUSTRASI.

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pfizer Inc dan BioNTech dapat mengamankan otorisasi darurat AS dan Eropa untuk vaksin COVID-19 mereka bulan depan setelah hasil uji coba terakhir menunjukkan itu memiliki tingkat keberhasilan 95% dan tidak ada efek samping yang serius.

Kemanjuran vaksin ditemukan konsisten di berbagai usia dan etnis, sebuah tanda yang menjanjikan mengingat penyakit tersebut telah secara tidak proporsional melukai orang tua dan kelompok tertentu termasuk orang kulit hitam.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS dapat memberikan penggunaan darurat pada pertengahan Desember, kata Kepala Eksekutif BioNTech Ugur Sahin kepada Reuters TV. Persetujuan bersyarat di Uni Eropa dapat diperoleh pada paruh kedua Desember, tambahnya. “Jika semua berjalan lancar, saya bisa membayangkan bahwa kami mendapat persetujuan pada paruh kedua Desember sebelum Natal, tetapi sebenarnya hanya jika semuanya berjalan positif,” katanya.

Tingkat keberhasilan vaksin yang dikembangkan oleh pembuat obat AS dan mitra Jerman BioNTech jauh lebih tinggi daripada yang menurut regulator akan dapat diterima. Para ahli mengatakan itu adalah pencapaian yang signifikan dalam perlombaan untuk mengakhiri pandemi.

Baca Juga: Hasil uji klinis mencatat vaksin Sinovac berhasil memicu antibodi pada virus corona

Dari 170 relawan yang tertular COVID-19 dalam uji coba Pfizer yang melibatkan lebih dari 43.000 orang, 162 telah menerima plasebo dan bukan vaksin, yang berarti vaksin tersebut 95% efektif. Dari 10 orang yang terjangkit COVID-19 parah, satu orang sudah mendapat vaksin.

"Yang pertama dalam sejarah umat manusia: kurang dari satu tahun dari urutan virus hingga uji klinis skala besar dari vaksin, terlebih lagi berdasarkan teknik yang sama sekali baru," kata Enrico Bucci, seorang ahli biologi di Temple University di Philadelphia . “Hari ini adalah hari yang spesial.”

Sahin dari BioNTech mengatakan otorisasi penggunaan darurat AS (EUA) akan diterapkan pada hari Jumat. Sebuah komite penasihat FDA secara tentatif berencana untuk bertemu pada 8-10 Desember untuk membahas vaksin tersebut, kata sumber yang mengetahui situasi tersebut, meskipun tanggalnya bisa berubah. FDA tidak menanggapi permintaan komentar.

Selanjutnya: Kanada, AS dan Meksiko perpanjang penutupan perbatasan hingga akhir Desember

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×