Global

Pandemi Covid-19 bikin pendapatan iklan Facebook melesat 22% di kuartal III-2020

Jumat, 30 Oktober 2020 | 14:25 WIB Sumber: Reuters
Pandemi Covid-19 bikin pendapatan iklan Facebook melesat 22% di kuartal III-2020


KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Kinerja Facebook Inc pada kuartal III-2020 ciamik. Buktinya, pendapatan iklan Facebook pada kuartal ketiga yang berakhir 30 September melesat 22% secara tahunan (yoy) menjadi US$ 21,47 miliar.

Pada periode yang sama tahun lalu, pendapatan iklan Facebook tercatat US$ 17,65 miliar. Realisasi pendapatan iklan Facebook ini pun di atas proyeksi para analis yang memperkirakan kenaikan hanya 12%. 

Boikot iklan yang sempat melanda Facebook pada bulan Juli lalu, setelah kegagalan dalam penanganan ujaran kebencian, yang membuat beberapa pembelanja individu terbesar di media sosial terhenti sementara, hampir tidak mengurangi penjualannya, yang sebagian besar berasal dari bisnis kecil.

Baca Juga: Investor hati-hati, bursa Asia kembali melemah pada awal perdagangan Jumat (30/10)

Pertumbuhan pendapatan di Facebook, yang berasal dari penjual iklan online, menjadi yang terbesar kedua di dunia setelah Google. Sebelumnya, kenaikan pendapatan Facebook sempat menipis seiring dengan kematangan bisnisnya. 

Namun, dibandingkan dengan ekspektasi, perusahaan telah mengalami tahun yang fantastis karena lonjakan penggunaan platform oleh pengguna yang terjebak di rumah akibat penguncian terkait virus corona. Ini akhirnya melindungi penjualan iklan online bahkan ketika aktivitas ekonomi yang lebih luas menderita.

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru