Pahami 4 cara mencegah penularan virus corona saat liburan akhir tahun

Selasa, 22 Desember 2020 | 12:05 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Pahami 4 cara mencegah penularan virus corona saat liburan akhir tahun

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Perayaan libur akhir tahun 2020 tidak boleh dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Pandemi corona menyebabkan liburan akhir tahun harus memperhatikan cara pencegahan virus corona.

Biasanya, tempat wisata akan sangat ramai diserbu banyak pengunjung pada akhir tahun. Lalu bagaimana cara berwisata yang aman dari corona?

Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 mengingatkan di tengah kondisi pandemi corona, tetap berada di rumah adalah cara terbaik menghindari penularan virus corona. Namun, jika terpaksa beraktivitas ke luar rumah seperti berwisata, dihimbau mematuhi protokol kesehatan, yakni:

  • Mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun minimal 20 detik
  • Memakai masker
  • Menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain yang bukan keluarga

Baca juga: Syarat Rapid test & PCR untuk bepergian tidak berlaku bagi kelompok umur ini

Menurut pusat penyakit menular di Amerika Serikat (CDC), selain melaksanakan protokol kesehatan dari otoritas terkait, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan para wisatawan untuk meminimalisir penularan virus corona.

Berikut cara mencegah penularan virus corona saat berwisata, dikutip dari situs resmi CDC:

  • Berwisata ke daerah zona hijau corona

Jangan asal berwisata. Sebelum berangkat, tentukan tujuan daerah wisata yang memiliki tingkat penyebaran kasus positif corona rendah. 

Saat ini setiap pemerintah daerah menyediakan data perkembangan kasus positif corona per hari. Data itu bisa diakses di situs resmi masing-masing daerah. Gunakan informasi dari halamanan web tersebut untuk mencari daerah zona hijau penyebaran virus corona.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru