November, penghapusan pajak mobil motor di Jateng, Jabar, Jatim, DIY, Bengkulu dll

Selasa, 10 November 2020 | 09:27 WIB Sumber: Kompas.com
November, penghapusan pajak mobil motor di Jateng, Jabar, Jatim, DIY, Bengkulu dll

ILUSTRASI. November, penghapusan pajak mobil motor di Jateng, Jabar, Jatim, DIY, Bengkulu dll. FOTO ANTARA/Rudi Mulya/Koz/pd/13.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. November 2020 ini masih berlangsung program penghapusan denda pajak mobil dan motor atau pemutihan pajak kendaraan. Program penghapusan denda pajak mobil dan motor atau pemutihan pajak kendaraan ini berlangsung di berbagai daerah, mengingat pajak ini dikelola pemerintah provinsi. 

Penghapusan denda pajak kendaraan, mobil dan motor adalah insentif pemerintah daerah untuk membantu masyarakat menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi corona. Seperti diketahui, pandemi corona menyebabkan Indonesia masuk ke jurang resesi..

Berikut daftar penghapusan denda pajak kendaraan, mobil dan motor di sejumlah daerah:

Penghapusan denda pajak mobil dan motor di Jawa Tengah 

 

Pemerintah Provinsi ( Pemprov) Jawa Tengah ( Jateng) mengeluarkan kebijakan pemutihan pajak kendaraan berupa penghapusan denda pajak kendaraan bermotor terhitung mulai 19 Oktober hingga 19 Desember 2020. Pemutihan pajak ini tidak hanya berlaku bagi pemilik kendaraan perorangan saja, tetapi juga perusahaan transportasi umum milik swasta maupun pemerintah.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jateng Tavip Supriyanto mengatakan, kebijakan ini sesuai dengan Pergub nomor 44 tahun 2020 tentang Pemberian Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor Bagi Masyarakat Jawa Tengah.

"Adanya penghapusan denda pajak ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini. Selain itu juga bisa meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor, serta mengurangi tunggakan pajak kendaraan bermotor,” kata Tavip kepada Kompas.com, Selasa (20/10/2020).

Baca jugaLelang mobil dinas Nissan X-Trail harga mulai Rp 70-an juta ada 5 unit 

Penghapusan denda pajak mobil dan motor di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY) Pemprov DIY kembali memperpanjang pemutihan pajak kendaraan berupa penghapusan pajak kendaraan bermotor di tengah pandemi Covid-19 ini. Kepala Bidang Anggaran Pendapatan, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY, Gamal Suwantoro mengatakan, kebijakan ini berdasarkan Pergub nomor 82 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Pergub DIY nomor 26 tahun 2020 tentang Penghapusan Sanksi Administratif PKB dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBNKB). 

“Kami memperpanjang dispensasi denda pajak ini ketiga kalinya, dan akan berakhir pada 31 Desember 2020. Untuk yang BBNKB yang dihapus hanya dendanya, kalau biayanya tetap dikenakan,” kata Gamal kepada Kompas.com, Selasa (20/10/2020).

Penghapusan denda pajak mobil dan motor di Jawa Barat

Pemutihan pajak kendaraan bermotor juga diterapkan oleh Pemprov Jawa Barat. Selain denda pajak kendaraan, Pemprov Jabar juga menerapkan pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) serta tarif pajak progresif untuk pokok tunggakan. Ada juga pemberian potongan PKB untuk tunggakan pajak ke-5 serta diskon untuk BBNKB I. Masyarakat bisa menikmati berbagai keuntungan penghapusan pajak mobil dan motor ini hingga 23 Desember 2020.

Baca juga: Hanya hari ini, Sriwijaya Air promo tiket Rp 170.000 terbang kemana saja 

Penghapusan denda pajak mobil dan motor di Jawa Timur

Pemutihan pajak kendaraan bermotor juga diterapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Pembebasan denda ini tidak hanya untuk pajak kendaraan bermotor saja, tetapi juga untuk BBNKB. Selain itu, kebijakan yang berlaku mulai 1 September hingga 28 November 2020 ini juga memberikan pembebasan BBNKB untuk penyerahan kedua dan seterusnya. 

Masyarakat pun diharapkan memanfaatkan kesempatan ini untuk melunasi tunggakan pajak dan juga melakukan balik nama kendaraan jika masih menggunakan nama orang lain.

Baca juga: Ingin hamil anak kembar, perhatikan 7 faktor ini

Penghapusan denda pajak mobil dan motor di Bali

Bali juga menggulirkan kebijakan pemutihan pajak kendaraan berupa penghapusan denda pajak kendaraan yang berlaku hingga 18 Desember 2020. Kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk denda pajak kendaraan bermotor saja, tetapi juga BBNKB. 

Dispensasi pajak ini mengacu pada Pergub Bali nomor 47 tahun 2020 tentang Pengurangan atau Penghapusan Sanksi Administratif Dilakukan Terhadap Proses Pendaftaran, Penetapan dan Pembayaran. Sebelumnya, Pemprov Bali juga sudah menerapkan program ini pada 21 April hingga 28 Agustus 2020.

Diharapkan dengan adanya kebijakan ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melunasi tunggakannya serta meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan.

Baca juga: Seorang warga London untung Rp 28,2 miliar karena Joe Biden Presiden AS terpilih 

Penghapusan denda pajak mobil dan motor di Bengkulu

Pemutihan pajak kendaraan berupa penghapusan denda pajak kendaraan bermotor serta BBNKB juga bisa dinikmati oleh masyarakat Bengkulu. Pemprov Bengkulu menerapkan kebijakan berupa dispensasi pajak serta BBNKB mulai 11 Agustus 2020 dan akan berakhir pada 11 Desember 2020.

Baca juga: 5 Cara mudah untuk membantu menurunkan berat badan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, Ini Jadwal Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di 7 Provinsi",

Penulis : Ari Purnomo
Editor : Aditya Maulana

 

Selanjutnya: Ini instruksi OJK di kasus hilangnya uang simpanan nasabah di Maybank

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru