kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nilai pasar Apple Inc hampir mendekati US$ 3 triliun pada Senin (13/12)


Rabu, 15 Desember 2021 / 00:35 WIB
Nilai pasar Apple Inc hampir mendekati US$ 3 triliun pada Senin (13/12)

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -   NEW YORK. Nilai pasar Apple Inc hampir mendekati angka US$ 3 triliun pada Senin (13/12). Hal tersebut menjadi pergerakan menakjubkan selama dekade terakhir yang telah mengubahnya menjadi perusahaan paling berharga di dunia.

Mengutip Reuters (14/12), saham perusahaan turun lebih dari 2% di awal pekan ditutup pada US$ 175,74. Apple membutuhkan harga saham US$ 182,86 untuk mencatat nilai pasar US$ 3 triliun.

Sekadar informasi, saham Apple naik sekitar 11% minggu lalu dan menambah lebih dari 30% keuntungan year-to-date karena investor tetap yakin bahwa konsumen akan terus membayar mahal untuk iPhone, MacBook dan layanan seperti Apple TV dan Apple Music.

Perjalanan pembuat iPhone ini dari US$ 2 triliun mendekati US$ 3 triliun hanya memakan waktu 16 bulan.Sebagai perbandingan, langkah Apple dari US$ 1 triliun menjadi US$ 2 triliun membutuhkan waktu dua tahun.

Baca Juga: Ekspansif, Microsoft Membeli Perusahaan Kecerdasan Buatan

"Ini sekarang salah satu perusahaan yang lebih kaya nilai di pasar, yang menunjukkan dominasi teknologi AS di dunia dan seberapa yakin investor bahwa itu akan tetap di tangan Apple," kata Brian Frank, manajer portofolio di Frank Capital.

Di antara lini pendapatan baru yang diharapkan investor adalah kemungkinan Apple Car, di samping pertumbuhan dalam kategori layanan seperti aplikasi dan TV yang masih jauh di bawah 65% dari pendapatan perusahaan yang dihasilkan oleh penjualan iPhone.

Melampaui tonggak US$ 3 triliun akan menambah prestasi untuk CEO Tim Cook, yang mengambil alih setelah Steve Jobs mengundurkan diri pada tahun 2011, dan mengawasi ekspansi perusahaan ke produk dan pasar baru.

Jika Apple mencapai tonggak US$ 3 triliun, Microsoft Corp akan menjadi satu-satunya perusahaan di klub US$ 2 triliun, sementara Alphabet, Amazon dan Tesla Inc telah melampaui US$ 1 triliun.

Baca Juga: Menyusul Apple Pay, Google Pay Secara Resmi Merambah Pasar Dompet Digital Israel




×