kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyiapkan Dana Pensiun ala Warren Buffett, Seperti Apa?


Rabu, 25 Januari 2023 / 11:11 WIB
Menyiapkan Dana Pensiun ala Warren Buffett, Seperti Apa?

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Pendekatan jangka panjang Warren Buffett untuk menginvestasikan uang dalam saham telah memungkinkan dia untuk mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan pasar saham selama beberapa dekade.

Kabar baiknya adalah meskipun Anda tidak memiliki tabungan pada usia 45 tahun, belum terlambat untuk mengikuti jejak Warren Buffett dan mulai membangun kekayaan Anda tepat pada waktunya untuk pensiun.

Membangun kekayaan dengan cara Warren Buffett

Melansir The Motley Fool, Warren Buffett telah membangun kekayaannya selama beberapa dekade dengan membeli saham di perusahaan berkualitas tinggi dengan model bisnis yang kuat, keunggulan kompetitif, dan penilaian yang menarik.

Untungnya, ini adalah strategi yang bisa diikuti siapa saja. Bahkan, ada dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), seperti VanEck Vectors Morningstar Wide Moat ETF, yang dirancang untuk meniru gaya investasi ini.

Anda hanya perlu melihat catatan Warren Buffett atau kinerja ETF ini untuk melihat apakah strategi tersebut berhasil. Sehubungan dengan yang terakhir, selama 10 tahun terakhir, dana yang dilacak MOAT ETF telah menghasilkan pengembalian total 19,23% per tahun yang mengesankan bagi investor.

Baca Juga: Warren Buffett: Setop Mendengarkan Prediksi Para Ekonom

Dan sementara kinerja masa lalu bukanlah jaminan pengembalian di masa depan, pasar secara historis memberi investor pengembalian 10% per tahun dalam jangka panjang. Jadi, mari kita mendasarkan perhitungan kita pada hal itu untuk saat ini.

Jika Anda mengikuti saran Buffett untuk membeli saham berkualitas dengan harga menarik, menghasilkan pengembalian tahunan 10%, Anda dapat mengubah jumlah modal yang cukup sederhana menjadi portofolio yang sangat besar selama periode 25 tahun.

Misalnya, investasi sebesar US$ 10.000 per tahun selama 25 tahun akan berubah menjadi US$ 1,2 juta.

Dan jika Anda dapat menggali lebih dalam dan menginvestasikan US$ 15.000 per tahun, portofolio Anda akan bernilai sekitar US$ 1,8 juta setelah dua setengah dekade.

Baca Juga: Ini 3 Strategi Warren Buffett dalam Menghadapi Pasar Bearish



TERBARU

×