Global

Mengenal FC-31, jet tempur siluman China yang kelak berbasis di kapal induk

Kamis, 10 Juni 2021 | 15:13 WIB Sumber: Global Times
Mengenal FC-31, jet tempur siluman China yang kelak berbasis di kapal induk

ILUSTRASI. Jet tempur siluman FC-31 buatan China yang kelak berbasis di kapal induk.


KONTAN.CO.ID - BEIJING. FC-31, jet tempur siluman China, adalah kandidat teratas untuk menjadi jet tempur berbasis kapal induk generasi berikutnya setelah menerima peningkatan yang sesuai, pengamat militer mengatakan.

Sebuah foto yang belum diverifikasi baru-baru ini muncul di media sosial yang, untuk pertama kali, menunjukkan model mirip FC-31 yang diposisikan pada kapal induk tiruan ukuran penuh yang terletak di Wuhan, China. 

Itu digunakan untuk mengevaluasi jet tempur untuk penggunaan potensial di laut, media Amerika Serikat thedrive.com melaporkan pada Selasa (8/6), seperti dilansir Global Times.

Mock-up pesawat lain, termasuk jet tempur berbasis kapal induk J-15 dan helikopter Z-18, juga terlihat di foto tersebut. Kedua pesawat ini sudah digunakan di kapal induk China saat ini, Liaoning dan Shandong.

Baca Juga: Siapkan helikopter siluman baru, China dituding meniru helikopter Black Hawk milik AS

Dukung pertempuran udara dan pemboman udara

Menurut Fu Qianshao, ahli penerbangan militer China, menempatkan model pesawat ukuran penuh pada platform uji kapal induk tiruan menunjukkan, pesawat bisa menjadi pilihan untuk penggunaan kapal induk. 

Soalnya, prosedur ini bisa digunakan untuk menguji ukuran pesawat, ruang lingkup operasional, dan kompatibilitas pada dek penerbangan kapal induk ukuran nyata.

Ini berarti, Fu mengatakan kepada Global Times, Rabu (9/6), FC-31 setelah ditingkatkan agar sesuai dengan kebutuhan operasi kapal induk bisa menjadi pilihan utama untuk jet tempur berbasis kapal induk generasi mendatang China.

Baca Juga: Begini kombinasi mengerikan drone pengintai dan helikopter serang China

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru