Megawati Soekarnoputri jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, bos Garudafood jadi sekretaris

Kamis, 14 Oktober 2021 | 04:45 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Megawati Soekarnoputri jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, bos Garudafood jadi sekretaris

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik anggota Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri didapuk menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfo menjadi Wakil Ketua Dewan Pengarah BRIN ex-officio.

Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 45 Tahun 2021. Dewan Pengarah BRIN dilantik di Istana Negara, Rabu (13/10).

Baca Juga: BRIN ingatkan pesisir utara Pulau Jawa darurat tenggelam

Turut dilantik adalah pengusaha yang juga bos Garudafood Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto menjadi Sekretaris Dewan Pengarah BRIN. Sementara, terdapat enam orang lain yang menjadi anggota Dewan Pengarah BRIN.

Antara lain adalah Emil Salim, I Gede Wenten, Bambang Kesowo, Adi Utarini, Marsudi Wahyu Kisoro, dan Tri Mumpuni.

Sebagai informasi, BRIN merupakan lembaga baru yang dibentuk Jokowi menggantikan Kementerian Riset dan Teknologi yang dilebur bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2021, BRIN memiliki tugas untuk membantu presiden dalam menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi secara nasional yang terintegrasi serta melakukan monitoring, pengendalian, dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA).

 

Selanjutnya: Butuh media komunikasi berbasis satelit, BRIN akan membangun bandar antariksa

 

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru