Kurma dan Minyak Zaitun asal Palestina Dikenakan Tarif Impor 0%

Minggu, 03 April 2022 | 07:15 WIB Sumber: Kompas.com
Kurma dan Minyak Zaitun asal Palestina Dikenakan Tarif Impor 0%


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Indonesia melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menetapkan tarif impor kurma dan minyak zaitun asal Palestina sebesar 0 persen alias gratis.

Kebijakan tarif impor gratis untuk sejumlah produk asal Palestina tersebut tertuang melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia Nomor 53/PMK.010/2022.

Nomenklatur regulasi tersebut adalah tentang Penetapan Tarif Bea Masuk Dalam Rangka Memorandum Saling Pengertian antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Negara Palestina tentang Fasilitasi Perdagangan untuk Produk Tertentu yang Berasal dari Wilayah Palestina.

Kebijakan tersebut ditandatangani Sri Mulyani tertanggal 30 Maret 2022 dan mulai berlaku pada 1 April 2022. Dengan adanya aturan tersebut, PMK Nomor 126/PMK.010/2018 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Baca Juga: Mulai Banyak Dijual, Ini Manfaat Makan Kurma Bagi Kesehatan Jantung, Tulang, Otak dll

Rincian produk Palestina yang gratis bea masuk

Lebih lanjut, rincian produk-produk asal Palestina yang dikenakan tarif impor gratis tercantum dalam lampiran regulasi tersebut.

Disebutkan, tarif impor gratis untuk produk Palestina berlaku bagi sebagian komoditas dengan pos tarif/kode HS 08.04.

Yang termasuk dalam kode HS 08.04 adalah kurma, buah ara, nanas, alpukat, jambu, mangga dan manggis, segar atau dikeringkan.

Hanya saja, dari sederet komoditas tersebut, yang terkena kebijakan tarif impor gratis hanyalah komoditas dengan kode HS 0804.10.00 yaitu kurma.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru