KPPIP: Proyek KA Tebing Tinggi – Kuala Tanjung ditargetkan selesai pertengahan 2022

Kamis, 25 November 2021 | 17:15 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
KPPIP: Proyek KA Tebing Tinggi – Kuala Tanjung ditargetkan selesai pertengahan 2022

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemenko Perekonomian melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) kembali mendorong agar proses administrasi pelepasan aset PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) terkait penyediaan lahan di Stasiun Tanjung Gading untuk jalur Proyek Strategis Nasional (PSN) Kereta Api Tebing Tinggi – Kuala Tanjung, Sumatera Utara dapat diselesaikan pada pertengahan tahun 2022.

Ketua Tim Pelaksana KPPIP, Wahyu Utomo menjelaskan, pembangunan akses jalan Stasiun Kereta Api (KA) Tebing Tinggi – Kuala Tanjung khususnya Stasiun Tanjung Gading harus segera diselesaikan.

Adapun lahan yang dibutuhkan berada di lahan milik Inalum saat ini yang merupakan lahan eks Otorita Asahan yang diserahkan kepada PT Inalum. Guna percepatan pengoperasian KA Tebing Tinggi – Kuala Tanjung maka penyelesaian permasalahan lahan ini sangat dibutuhkan.

Baca Juga: KPPIP Minta Inalum Lepas Aset untuk Kelanjutan PSN

Pada rapat yang digelar pada Senin (25/10/2021) lalu, KPPIP merekomendasikan agar PT Inalum dapat segera mengirim surat ke Kementerian BUMN terkait pelepasan aset.

Dengan demikian, proses pembebasan lahan dapat segera dilaksanakan mengingat Lembaga Manajemen Aset Nasional (LMAN) telah mengalokasikan dana pembebasan lahan pada tahun ini.

Selain itu, Stasiun Tanjung Gading dapat segera dimanfaatkan jika proses tersebut telah rampung. Adapun Kereta Api Tebing Tinggi – Kuala Tanjung ditargetkan akan beroperasi penuh pada Juli 2022.

“Kami harapkan salah satu PSN di Sumatera Utara ini bisa diselesaikan pembangunannya pada 2022,” kata Wahyu Utomo dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (25/11).

Editor: Yudho Winarto
Terbaru