kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Selatan ada dalam krisis baru corona, kasus harian tertinggi sejak Agustus


Rabu, 18 November 2020 / 23:35 WIB
Korea Selatan ada dalam krisis baru corona, kasus harian tertinggi sejak Agustus

Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Menyusul infeksi kluster terus muncul dari kantor, fasilitas medis, dan pertemuan kecil, Korea Selatan melaporkan 313 kasus baru virus corona pada Rabu (18/11), angka tertinggi sejak Agustus.

Kasus harian sudah di atas 200 selama lima hari berturut-turut dan melampaui 300 untuk pertama kalinya sejak Agustus, ketika ada wabah besar di pertemuan di sebuah gereja, menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA).

Pemerintah Korea Selatan pada Selasa (17/11) memutuskan untuk memberlakukan tindakan jarak sosial yang lebih ketat untuk wilayah Seoul yang lebih besar, sebulan setelah melonggarkannya.

Juga, Pemerintah Korea Selatan memperingatkan krisis yang lebih besar jika upaya saat ini gagal untuk menumpulkan lonjakan kasus baru virus corona.

Baca Juga: Korea Selatan perketat jarak sosial, peringatkan krisis Covid-19 yang lebih besar

Warga mengenakan masker di Seoul

Sulit untuk mengatasi krisis baru virus corona

"Kami berada dalam krisis di mana ada pandangan pesimistis yang memprediksi penularan nasional lain," kata Wakil Menteri Kesehatan Kang Do-tae seperti dikutip Reuters.

"Infeksi sekarang terjadi secara bersamaan di setiap sudut masyarakat kita, situasi kehidupan nyata, tidak seperti masa lalu ketika ada wabah besar dari tempat atau kelompok tertentu," ujarnya.

Dari kasus baru, 245 kasus lokal dan 68 kasus impor. Hampir 74% infeksi domestik berasal dari wilayah greater Seoul, rumah bagi sekitar setengah dari 52 juta populasi Korea Selatan, termasuk kasus yang terkait dengan klub hiking, gym, pabrik, dan pertemuan keluarga.

Total infeksi virus corona di Korea Selatan sekarang mencapai 29.311, dengan 496 kematian.

Baca Juga: Situasinya makin serius, Korea Selatan bersiap hadapi ledakan kasus virus corona

Mulai Kamis (19/11), pertemuan publik yang terdiri dari 100 orang atau lebih dilarang, ibadah dan acara olahraga  dibatasi hingga kapasitas 30%, dan fasilitas berisiko tinggi termasuk klub dan bar karaoke harus memperluas jarak di antara para pengunjung.

Otoritas kesehatan Korea Selatan telah memperingatkan kasus harian bisa mencapai 400, dan mereka mungkin memperketat jarak sosial lebih jauh untuk membatasi makan malam di luar dan transportasi umum jika situasinya tidak stabil selama dua minggu ke depan.

"Sulit untuk mengatasi krisis baru ini," kata Kang, mendesak warga untuk menerapkan aturan kebersihan yang ketat dan meminimalkan perjalanan dan perayaan akhir tahun.

Selanjutnya: Negara-negara di Asia-Pasifik catat rekor kasus virus corona, termasuk Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×