kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi, Airlangga Minta Belanja Pemerintah Digenjot


Selasa, 08 Agustus 2023 / 06:10 WIB
Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi, Airlangga Minta Belanja Pemerintah Digenjot

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah masih optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2023 yang ditargetkan dengan batas atas 5,3% bisa tercapai salah satunya dengan mendorong belanja pemerintah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap belanja pemerintah pada kuartal III bisa didorong agar pertumbuhan ekonomi bisa mencapai target yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

“Pada kuartal II belanja pemerintah itu relatif negatif tapi dengan mulainya bidding proses dan lainnya kami berharap biasanya seperti tahun lalu juga belanja pemerintah di kuartal III bisa digenjot,” tutur Airlangga dalam konferensi pers, Senin (7/8).

Baca Juga: Airlangga Hartarto Sebut Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal II/2023 Sangat Kuat

Untuk diketahui, belanja pemerintah pusat hingga pertengahan tahun 2023 baru terealisasi sebesar Rp 891,6 triliun, atau sekitar 39,67% dari target dalam APBN yang sebesar Rp 2.246,5 triliun.

Adapun untuk menjaga pertumbuhan ekonomi agar tetap resilien, pemerintah juga mengantisipasi tantangan yang bisa mengganggu pertumbuhan ekonomi seperti adanya El Nino.

Airlangga menyampaikan, untuk memitigasi dampak El Nino, pemerintah menargetkan ketersediaan beras mencapai 2,2 juta ton pada akhir tahun ini.

“Ini kemarin sudah dirapatkan di rapat terbatas untuk arahan kepada Bulog sudah jelas sehingga yang dijaga ketersediaan pangan sampai akhir tahun diamankan,” jelasnya.

Selain itu, Airlangga menyampaikan Kementerian Pertanian juga tengah mempersiapkan beberapa lahan pertanian di daerah untuk diberikan benih tanaman tertentu yang bisa bertahan dan tetap tumbuh meskipun terjadi perubahan cuaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×