CLOSE [X]

Kecepatan bisa sampai 11.000 km per jam, Rusia uji coba lagi rudal hipersonik Tsirkon

Selasa, 30 November 2021 | 23:20 WIB Sumber: TASS
Kecepatan bisa sampai 11.000 km per jam, Rusia uji coba lagi rudal hipersonik Tsirkon


KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Fregat Admiral Gorshkov berhasil melakukan uji peluncuran rudal hipersonik Tsirkon dari Laut Putih yang menghantam sasaran di laut pada jarak lebih dari 400 km, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Senin (29/11).

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, fregat Admiral Gorshkov dari Armada Utara negeri beruang merah melakukan tes peluncuran lain  sebagai bagian dari tahap akhir uji coba rudal hipersonik Tsirkon.

“Uji coba tembak dilakukan dari Laut Putih terhadap posisi target yang terletak pada jarak lebih dari 400 km. Perekam data menunjukkan, penerbangan rudal hipersonik memenuhi parameter yang ditentukan," kata Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip TASS.

Armada Utara Rusia menerjukankan kapal perang dan pesawat militer untuk mengamankan wilayah perluncuran dan target rudal hipersonik Tsirkon.

“Uji coba sebelumnya terhadap posisi target laut berhasil dilakukan oleh awak fregat (Admiral Gorshkov) dua minggu lalu,” sebut Kementerian Pertahanan Rusia.

Baca Juga: Punya rudal hipersonik Tsirkon mulai 2022, Angkatan Laut Rusia makin bertaji

Sumber TASS sebelumnya mengatakan, Research and Production Association of Machine-Building yang berbasis di Kota Reutovo mulai bekerja untuk produksi serial rudal hipersonik Tsirkon untuk Angkatan Laut Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan pada 18 November lalu, uji coba rudal hipersonik Tsirkon yang diluncurkan dari fregat Admiral Gorshkov mengenai sasaran di Laut Putih dengan serangan langsung.

Sementara sumber TASS lainnya mengungkapkan, uji coba rudal hipersonik Tsirkon akan bergulir pada November dan berlanjut ke Desember. 
Secara keseluruhan, ada lima uji peluncuran terhadap target laut dan pesisir. 

Sebelumnya Presiden Rusia Vladimir Putin menyebutkan, rudal hipersonik Tsirkon mampu mengembangkan kecepatan sekitar Mach 9 atau lebih dari 11.000 km per jam dan kemampuan jangkauan serangnya bisa melebihi 1.000 km. 

Menurut Putin, Tsirkon dapat menyerang target laut dan darat. Dan, ada rencana untuk menempatkan Tsirkon pada kapal perang dan kapal selam yang saat ini dalam tahap pembangunan, termasuk kapal perang yang dipersenjatai rudal jelajah Kalibr.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru