Punya rudal hipersonik Tsirkon mulai 2022, Angkatan Laut Rusia makin bertaji

Kamis, 04 November 2021 | 23:00 WIB Sumber: TASS
Punya rudal hipersonik Tsirkon mulai 2022, Angkatan Laut Rusia makin bertaji


KONTAN.CO.ID - SOCHI. Uji coba rudal jelajah hipersonik Tsirkon hampir selesai dan siap dikirim ke Angkatan Laut Rusia mulai 2022, Presiden Vladimir Putin mengungkapkan pada pertemuan industri pertahanan, Rabu (3/11).

“Uji coba rudal jelajah hipersonik lintas laut Tsirkon akan segera berakhir. Selama uji coba, rudal itu menyerang target darat dan laut dari posisi terendam kapal selam dan dari kapal permukaan secara akurat dan sesuai dengan tugas," kata Putin. 

"Mulai tahun depan, rudal-rudal ini akan tiba untuk bertugas di Angkatan Laut Rusia," ujarnya, seperti dikutip TASS.

Putin mengklaim, uji coba Tsirkon dengan sempurna mengonfirmasi sifat unik senjata laser Peresvet serta sistem hipersonik Avangard dan Kinzhal.

Baca Juga: Ini dia kapal selam Rusia pertama yang bawa rudal hipersonik Tsirkon

Saat ini, Putin menegaskan, sangat penting untuk mengembangkan dan memperkenalkan teknologi yang diperlukan untuk menciptakan sistem senjata hipersonik baru, daya laser yang ditingkatkan, dan platform robot yang akan mampu menangkal potensi ancaman militer.

"Dan ini berarti, mereka (senjata-senjata tersebut) akan semakin meningkatkan keamanan negara kita," sebut Presiden Rusia.

Sebelumnya, Putin mengatakan, rudal hipersonik Tsirkon, yang mampu terbang dengan kecepatan Mach 9 atau sembilan kali kecepatan suara dan menyerang target pada jarak lebih dari 1.000 km, akan segera siaga tempur.  

Menurut Putin, Tsirkon bisa menyerang target laut dan darat. Ia bilang, ada rencana untuk menempatkan Tsirkon pada kapal perang dan kapal selam yang saat ini dalam tahap pembangunan, termasuk kapal perang yang dipersenjatai rudal jelajah Kalibr.

Selanjutnya: Kapal perang AS provokasi di Laut Hitam, Rusia siap untuk tindakan balasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru