Kapal perusak AS berlayar di Selat Taiwan, China siaga tinggi

Rabu, 23 Juni 2021 | 23:05 WIB Sumber: Global Times
Kapal perusak AS berlayar di Selat Taiwan, China siaga tinggi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) melacak dan memantau kapal perang AS saat berlayar melalui Selat Taiwan pada Selasa (22/6).

Komando Teater Timur PLA mengorganisir pasukan laut dan udara, melacak serta memantau dengan siaga tinggi atas kapal perusak berpeluru kendali USS Curtis Wilbur, Kolonel Senior Zhang Chunhui, juru bicara Komando Teater Timur mengatakan, Rabu (23/6).

Ini adalah keenam kalinya kapal perang AS berlayar melalui Selat Taiwan sejak Joe Biden menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat pada 20 Januari lalu. 

Terakhir kali, USS Curtis Wilbur berlayar melalui Selat Taiwan pada 18 Mei lalu, yang juga diawasi ketat oleh Komando Teater Timur PLA.

Baca Juga: Kapal perang AS tiba di Selat Taiwan seminggu pasca intimidasi militer terbesar China

Zhang menyebutkan, AS kembali memainkan trik lama dan menimbulkan masalah di Selat Taiwan, serta dengan sengaja menyabotase keamanan regional, mengancam perdamaian juga stabilitas di Selat Taiwan. 

"Ini jelas menunjukkan, AS adalah pembuat risiko keamanan terbesar di kawasan ini. Kami dengan tegas menentang ini," katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Global Times.

Pasukan Komando Teater Timur PLA dalam siaga tinggi setiap saat, untuk menghadapi semua ancaman dan provokasi serta dengan tegas menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial, Zhang menambahkan.

Selanjutnya: Serangan terbesar, 28 pesawat tempur China terbang di zona pertahanan Taiwan

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru