CLOSE [X]

Jumlah Nasabah Milenial Kaya di BNI Terus Bertumbuh

Rabu, 23 Februari 2022 | 09:05 WIB   Reporter: Maizal Walfajri
Jumlah Nasabah Milenial Kaya di BNI Terus Bertumbuh


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah nasabah milenial kaya di perbankan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Salah satunya ditorehkan PT Bank Negara Indonesia dimana nasabah bisnis wealth management perseroan dari kelompok usia muda terus mengalami pertumbuhan. 

General Manager Divisi Wealth Management BNI Henny Eugenia mengatakan, nasabah milenial di bisnis wealth management BNI meningkat secara konsisten dalam 5 tahun terakhir ini. 

Saat ini, nasabah milenial berkisar 12%-14% dari total nasabah Emerald BNI yang jumlahnya 99.000 lebih. "Nasabah kami tersebut tumbuh sekitar 4,5% setiap tahunnya," kata Henny pada Kontan.co.id, Senin (21/2).

Sesuai dengan karakter nasabah milenial yang cenderung agresif, lanjut Henny, instrumen yang diminati nasabah milenial adalah instrumen investasi seperti obligasi dan reksadana. 

Baca Juga: Bank BTN Catat Jumlah Milenial Kaya Terus Bertambah

Sebagian nasabah milenial BNI merupakan nasabah second generation dari nasabah Emerald eksisting perseroan. Profil nasabah millenial kaya ini sebagian besar adalah pengusaha, baik yang meneruskan usaha orang tuanya maupun merintis bisnis sendiri.

Seiring dengan literasi investasi yang cukup masif baik dari otoritas keuangan maupun pelaku pasar modal yang diantaranya kita bisa lihat dari kampanye ayo menabung saham dari Bursa Efek Indonesia serta Kemenkeu yang secara aktif menyasar kaum milenial untuk produk2 obligasi ritel pemerintah, BNI melihat tren pertumbuhan nasabah wealth management millenial akan semakin meningkat. 

"Penjualan obligasi ritel pemerintah saja saat ini 30-40%nya didominasi investor milenial dalam hal jumlah investor. Kami pun sebagai pelaku pasar keuangan mencoba menyesuaikan dengan karakter milenial dalam pengembangan produk kami," lanjut Henny.

Saat ini BNI Mobile sebagai salah satu produk unggulan yang siapkan untuk dapat memberikan kemudahan layanan bank dan berinvestasi terutama bagi kalangan milenial.

Baca Juga: Melesat 78,06%, Total Laba Bersih Bank Himbara Capai Rp 72,05 Triliun di 2021

Fitur transaksi investasi baik itu obligasi maupun reksadana saat ini sudah dapat dijangkau dan didapat hanya dengan menggunakan BNI Mobile Banking. 

Ke depan, BNI memproyeksikan nasabah milenial akan menguasai setidaknya 15-20% dari total nasabah Emerald kami dari sisi jumlah investor. "Meski saat ini dalam hal jumlah dana belum mendominasi, namun kami percaya kaum milenial ini akan menjadi future Emerald di BNI," pungkas Henny. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru