CLOSE [X]

Bank BTN Catat Jumlah Milenial Kaya Terus Bertambah

Selasa, 22 Februari 2022 | 06:40 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Bank BTN Catat Jumlah Milenial Kaya Terus Bertambah


KONTAN.CO.ID -   JAKARTA.Jumlah nasabah milenial kaya di perbankan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Salah satunya ditorehkan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN). Nasabah bisnis wealth management bank ini dari kelompok usia tersebut terus bertambah.

Kepala Divisi Wealth Management Bank BTN, Frengky, mengungkapkan, jumlah nasabah wealth management millenial BTN sepanjang 2021 tumbuh 18% dari tahun sebelumnya. 

"Jumlah nasabah millennial bagi Wealth Management Bank BTN berkontribusi menumbuhkan AUM Wealth Management sebesar hampir 60%," kata Frengky pada Kontan.co.id, Senin (21/2). Kelompok millenial ini memiliki usia di kisaran 25 tahun  sampai 40 tahun. 

Baca Juga: Ekonomi Membaik, Biaya Kredit Perbankan Diperkirakan Turun Pada Tahun Ini

Pertumbuhan terbesar nasabah millenial tercatat di produk Obligasi, baik obligasi pasar sekunder seperti FR dan Indon, maupun primary issuance seperti Obligasi Ritel Indonesia, Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan, dan Saving Bond Ritel. Frengky bilang, grup produk tersebut tumbuh sebesar hampir 122%. 

Pertumbuhan kedua terbesar dari millenials tercatat di produk reksadana yang tumbuh sebesar hampir 66%. Dia mengungkapkan, profil nasaah millenial di BTN sebagian besar adalah profesional dan pengusaha.

Tahun ini, Bank BTN melihat bahwa pertumbuhan jumlah nasabah dan juga pertumbuhan dari net worth dari millennial di bisnis wealth management berada di tingkat pertumbuhan yang tinggi.  

Baca Juga: Punya Potensi Besar, Bank Garap Pasar Milenial dan Gen Z

Hal itu menurut Frengky sejalan dengan tingkat edukasi yang relatif lebih tinggi dari generasi sebelumnya terutama di area kesadaran perencanaan finansial, keterbukaan dan juga ketersediaan informasi yang lebih baik. 

"Dan juga didukung dengan pemulihan ekonomi bahkan ekspansi ekonomi Indonesia yang terus recover setelah pandemic Covid-19 mereda," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru