kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden Soal Vladimir Putin: Saya Pikir Dia adalah Penjahat Perang


Kamis, 17 Maret 2022 / 11:08 WIB
Joe Biden Soal Vladimir Putin: Saya Pikir Dia adalah Penjahat Perang

Sumber: CBSNews,BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden AS Joe Biden telah melabeli pemimpin Rusia Vladimir Putin sebagai penjahat perang dalam sebuah langkah yang kemungkinan akan meningkatkan ketegangan diplomatik lebih jauh.

Melansir BBC, Biden menyampaikan pernyataan itu secara spontan sebagai tanggapan atas pertanyaan wartawan di Gedung Putih.

Ini adalah pertama kalinya dia menggunakan bahasa seperti itu untuk mengutuk Presiden Putin, dan Gedung Putih kemudian mengatakan dia berbicara dari hatinya.

Kremlin, bagaimanapun, mengatakan itu adalah "retorika yang tak termaafkan".

"Kami percaya retorika seperti itu tidak dapat diterima dan tidak dapat dimaafkan dari pihak kepala negara, yang bomnya telah menewaskan ratusan ribu orang di seluruh dunia," kata juru bicara Dmitry Peskov kepada kantor berita negara Rusia Tass.

Sebelumnya, seorang reporter bertanya kepada presiden AS: "Tuan Presiden, setelah semua yang telah kita lihat, apakah Anda siap untuk menyebut Putin sebagai penjahat perang?"

Baca Juga: Perang Rusia-Ukraina Diprediksi Berakhir Bulan Mei

Presiden menjawab "tidak" sebelum ditantang, dan kemudian mengubah jawabannya: "Apakah Anda bertanya kepada saya apakah saya akan memberi tahu ....? Oh, saya pikir dia adalah penjahat perang."

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki kemudian mengatakan presiden telah berbicara dari hatinya setelah melihat gambar "biadab" dari kekerasan di Ukraina, daripada membuat pernyataan resmi.

Dia mencatat bahwa ada proses hukum terpisah, yang dijalankan oleh Departemen Luar Negeri, untuk menentukan kejahatan perang - dan itu sedang berlangsung secara terpisah.

Baca Juga: Drone Rusia Ditembak Jatuh Setelah Terbang ke Wilayah Udara NATO

"Putin menimbulkan kehancuran dan kengerian yang mengerikan di Ukraina - membom gedung apartemen dan bangsal bersalin ... ini adalah kekejaman. Ini adalah kemarahan dunia," tulis akun Twitter resmi presiden Joe Biden.



TERBARU

×