kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden: Karier politik, pernikahan, dan kecelakaan tragis


Sabtu, 07 November 2020 / 05:40 WIB
Joe Biden: Karier politik, pernikahan, dan kecelakaan tragis

Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Pemilihan umum Amerika Serikat (AS) terus menjadi bahan perbincangan global. Masing-masing kandidat presiden mengklaim dirinya merupakan pemenang dan akan jadi presiden AS berikutnya.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Kamis (5/11), calon presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, telah memecahkan rekor Barack Obama untuk suara terbanyak dari semua kandidat presiden AS dalam sejarah. 

Bahkan, diperkirakaan perolehan suara Joe Biden akan meningkat karena ada negara bagian yang belum selesai menghitung suara. 

Partai Demokrat saat ini memiliki sekitar 71,2 juta suara. Mantan Wakil Presiden AS tersebut memiliki 50,3 persen dari semua suara yang dihitung sejauh ini, dibandingkan dengan 48,1 persen dari Presiden petahana Donald Trump. 

Angka tersebut melampaui rekor Barack Obama pada pilpres 2008 yang mengumpulkan 69,4 juta suara untuk menang. Setidaknya 65 persen warga Amerika yang memenuhi syarat telah memberikan suara pada pilpres tahun ini.  Lantas seperti apa jejak karier dan kehidupan Joe Biden? 

Baca Juga: Bisakah Trump dihukum jika menolak menerima kekalahan Pilpres AS?

Siapa Joe Biden? 

Joe Biden

Dirangkum dari Biography.com, Joe Biden pernah terpilih sebagai wakil presiden AS ke-47 bersama Presiden Barack Obama pada 2008 dan terpilih kembali pada 2012. 

Pada 2017, di akhir masa pemerintahannya, Obama menghadiahkan Biden Presidential Medal of Freedom. Dua tahun kemudian Biden meluncurkan kampanyenya untuk mencalonkan diri sebagai presiden AS dan merupakan calon presiden dari Partai Demokrat tahun 2020.

Joe Biden sempat bekerja sebagai pengacara sebelum beralih ke politik. Dia menjadi senator AS termuda kelima dalam sejarah serta senator terlama di Delaware, salah satu negara bagian di AS. 

Jauh sebelum mencapai salah satu jabatan politik tertinggi di negara itu, Biden lahir pada tanggal 20 November 1942. Dia dibesarkan di Scranton, di Timur Laut Pennsylvania.  Ayahnya, Joseph Biden Sr., bekerja sebagai pembersih tungku dan penjual mobil bekas. Sementara, ibunya bernama Catherine Eugenia "Jean" Finnegan.

Baca Juga: Biden semakin mendekati kemenangan, Trump ajukan gugatan hukum

Biden bersekolah di Sekolah Dasar St. Paul di Scranton. Pada 1955, ketika dia berusia 13 tahun, keluarganya pindah ke Mayfield, Delaware sebuah wilayah dengan komunitas kelas menengah yang berkembang pesat, terutama karena ada perusahaan kimia DuPont di dekatnya.

Kemudian, Biden berkuliah di Universitas Delaware untuk belajar sejarah, ilmu politik dan bermain sepak bola. Saat itu, Joe Biden mulai mengembangkan minat dalam politik, sebagian terinspirasi oleh pelantikan John F. Kennedy pada 1961.

Pada 1965, Joe Biden melanjutkan studinya di Syracuse University Law School setelah lulus dari Delaware. Alasan Biden memilih universitas tersebut lantaran jatuh cinta dengan salah seorang mahasiswinya, Neilia Hunter yang menjadi istri pertama Joe Biden. 

Setelah lulus dari sekolah hukum pada tahun 1968, Biden pindah ke Wilmington, Delaware, untuk mulai berpraktik di sebuah firma hukum. 

Baca Juga: Pendukung Trump dan Biden gelar aksi protes di seluruh AS



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×