kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Iran: Kami hanya ingin aksi Amerika soal kesepakatan nuklir, bukan kata-kata


Kamis, 18 Februari 2021 / 01:40 WIB
Iran: Kami hanya ingin aksi Amerika soal kesepakatan nuklir, bukan kata-kata

Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menuntut "tindakan, bukan kata-kata" dari Amerika Serikat jika ingin menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015, tantangan terbaru bagi Presiden Joe Biden. 

Iran menetapkan batas waktu minggu depan bagi Biden untuk mulai membalikkan sanksi yang pendahulunya Donald Trump berlakukan, atau Iran akan mengambil langkah terbesarnya dengan melarang inspeksi mendadak oleh pengawas nuklir PBB.

“Kami telah mendengar banyak kata-kata manis dan janji yang dalam prakteknya telah dilanggar dan tindakan berlawanan telah diambil," kata Khamenei dalam pidato yang disiarkan televisi, Rabu (17/2), dan dikutip Reuters. 

"Kata-kata dan janji tidak baik. Kali ini (kami ingin) hanya aksi dari pihak lain, dan kami juga akan bertindak,” tegasnya.

Baca Juga: Ancaman terbaru Iran jika kewajiban nuklir 2015 tak dihidupkan kembali

Biden ingin memulihkan kesepakatan 2015, di mana Iran setuju untuk mengekang program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi, pencapaian besar Pemerintahan Obama yang kemudian ditinggalkan oleh Trump pada 2018.

Tetapi, sementara Teheran dan Washington sekarang mengatakan ingin melihat perjanjian itu dihidupkan kembali, mereka berselisih tentang siapa yang harus mengambil langkah pertama. 

Iran menyatakan, Amerika Serikat harus mencabut sanksi Trump terlebih dahulu. Sementara Washington menyatakan, Teheran harus kembali mematuhi kesepakatan, yang mulai dilanggar setelah sanksi diberlakukan kembali.

Iran masih akan mematuhi kewajiban inti 

Iran telah melakukan pelanggaran pembatasan kesepakatan dalam beberapa bulan terakhir, yang berpuncak pada pengumuman bahwa mereka akan mengakhiri inspeksi mendadak oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pada 23 Februari nanti. 

Baca Juga: Iran: Jika Barat terus mendorong, membuat senjata nuklir bukan lagi kesalahan Iran



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×